Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Siapkan Fitur Video Call

Kompas.com - 04/03/2018, 12:11 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram dikabarkan tengah menggarap fitur panggilan telepon dan panggilan video atau video call.

Rumor ini berhembus kala sebuah foto berupa bocoran Android Application Package (APK), menampilkan ikon telepon dan video yang disinyalir akan digunakan Instagram. APK acap kali membocorkanfitur mentah yang belum siap dirilis vendor aplikasi.

Isu fitur telepon dan video call sudah pernah muncul sejak Januari lalu melalui blog WhatsApp beta, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Crunch, Minggu (4/3/2018). Kala itu, fitur ini disebut baru dalam tahap percobaan internal, dan Instagram belum menanggapi kabar tersebut.

Jika benar, fitur video call hadir di Instagram, bisa dibilang Instagram sejajar dengan saudaranya, Facebook Messenger dan pesainnya, Snapchat. Instagram memang kerap mencaplok beberapa fitur Snapchat, seperti fitur Instagram stories yang menduplikat fitur "Story" Snapchat.

Bocoran fitur telepon dan video call Instagram di APKTech Crunch Bocoran fitur telepon dan video call Instagram di APK

Fitur telepon dan video call sendiri telah hadir di Snapchat pada 2014 lalu. Sementara Facebook Messenger mulai mencoba fitur telepon pada 2013, dan menambahkan fitur video call pada 2015.

Baca juga: Apa Itu Vero, Medsos Baru Pesaing Instagram?

Melihat riwayat Messenger yang menjadi aplikasi terpisah dari Facebook, bisa jadi fitur telepon dan video call Instagram akan muncul setelah Direct Messege (DM) Instagram menjadi aplikasi stand-alone alias aplikasi mandiri.

Akhir tahun lalu Instagram memang dikabarkan tengah melakukan uji coba aplikasi mandiri DM Instagram bernama Direct di beberapa negara.

Manajer produk Instagram, Hemal Shah mengatakan, dengan berdiri sendiri, fitur Direct akan bisa lebih berkembang dibanding saat masih menginduk ke aplikasi utama Instagram. Belum diketahui kapan Instagram benar-benar memecah DM atau menambahkan fitur telepon dan video call.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com