Kompas.com - 04/03/2018, 12:11 WIB

KOMPAS.com - Instagram dikabarkan tengah menggarap fitur panggilan telepon dan panggilan video atau video call.

Rumor ini berhembus kala sebuah foto berupa bocoran Android Application Package (APK), menampilkan ikon telepon dan video yang disinyalir akan digunakan Instagram. APK acap kali membocorkanfitur mentah yang belum siap dirilis vendor aplikasi.

Isu fitur telepon dan video call sudah pernah muncul sejak Januari lalu melalui blog WhatsApp beta, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Crunch, Minggu (4/3/2018). Kala itu, fitur ini disebut baru dalam tahap percobaan internal, dan Instagram belum menanggapi kabar tersebut.

Jika benar, fitur video call hadir di Instagram, bisa dibilang Instagram sejajar dengan saudaranya, Facebook Messenger dan pesainnya, Snapchat. Instagram memang kerap mencaplok beberapa fitur Snapchat, seperti fitur Instagram stories yang menduplikat fitur "Story" Snapchat.

Bocoran fitur telepon dan video call Instagram di APKTech Crunch Bocoran fitur telepon dan video call Instagram di APK

Fitur telepon dan video call sendiri telah hadir di Snapchat pada 2014 lalu. Sementara Facebook Messenger mulai mencoba fitur telepon pada 2013, dan menambahkan fitur video call pada 2015.

Baca juga: Apa Itu Vero, Medsos Baru Pesaing Instagram?

Melihat riwayat Messenger yang menjadi aplikasi terpisah dari Facebook, bisa jadi fitur telepon dan video call Instagram akan muncul setelah Direct Messege (DM) Instagram menjadi aplikasi stand-alone alias aplikasi mandiri.

Akhir tahun lalu Instagram memang dikabarkan tengah melakukan uji coba aplikasi mandiri DM Instagram bernama Direct di beberapa negara.

Manajer produk Instagram, Hemal Shah mengatakan, dengan berdiri sendiri, fitur Direct akan bisa lebih berkembang dibanding saat masih menginduk ke aplikasi utama Instagram. Belum diketahui kapan Instagram benar-benar memecah DM atau menambahkan fitur telepon dan video call.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.