Deretan Ponsel Android yang Tiru "Poni" Layar iPhone X

Kompas.com - 04/03/2018, 15:02 WIB
iPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnyaApple iPhone X memiliki desain layar nyaris tanpa bezel, sejumlah kamera, speaker dan sensor disematkan di tepi atasnya

KOMPAS.com - Cukup sulit menilai apakah konsumen smartphone benar-benar membenci "poni" layar alias notch iPhone X atau justru sebaliknya.

Bingkai (bezel) secuil yang melekat dipucuk display itu sempat menuai sindirian banyak pihak. Termasuk rivalnya, Samsung yang sempat menyindir "poni" iPhone X dalam iklan Galaxy Note 8. Sebagian pengguna iPhone X pun berusaha menutup notch yang dianggap tidak menarik tersebut.

Tapi, nyatanya tak semua vendor smartphone sepakat bahwa notch iPhone X adalah ide buruk.
Notch iPhone X menjadi trend-setter di industri smartphone. Mirisnya, tak semua perangkat Android mengikuti idealisme Samsung yang mempertahankan desainnya di flagship duo Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Banyak di antaranya latah menempelkan notch di permukaan layar-nya. KompasTekno telah merangkum dari beberapa sumber, deretan smartphone Android yang meniru si layar "poni" iPhone X, Minggu (4/3/2018).

Beberapa di antaranya turut membanjiri tenda Mobile World Congrees 2018 di Barcelona yang baru saja usai. Namun sebelumnya, mari kita tengok sejarah notch di era feature phone.

Legenda notch di Motofone F3

Motofone F3 dengan notch membulat di atas displayAmazon Motofone F3 dengan notch membulat di atas display

Dilansir dari GSM Arena, sebelum diadopsi oleh smartphone kekinian, ternyata notch telah muncul di ponsel kekunoan. Notch kecil tersebut terpasang di display mini berbentang 2,2 inci yang baru mendukung visual monokrom.

Display ini dimiliki oleh Motofone F3 pabrikan Motorola yang rilis pada 2006. Bedanya, "poni" di Motofone F3 ini membulat, bukan membentang seperti iPhone X. Bukan pula digunakan sebagai rumah kamera atau sensor sistem Face ID.

Bulatan tersebut hanya digunakan untuk menempatkan logo "M" yang menjadi simbol merek dagang Motorola.

Wiko View 2 dan View 2 Pro

Wiko View 2 GSM Arena Wiko View 2

Notch bulat di Motofone F3 kemudian dicaplok oleh Wiko View 2 dan View 2 Pro. Fungsi notch pun berubah, bukan lagi sebagai logo bernaung, namun lebih canggih sebagai tempat kamera depan.

Dibanding iPhone X, duo View 2 ini masih menyisakan bezel cukup tebal di bawah. Desain serupa juga diterapkan Essential Phone, buatan salah satu mantan pendiri Google, Andy Rubin.

Ulefone T2 dan Ulefone X

 

Ulefone X (kiri) Ulefone T2 Pro (kanan)GSM Arena Ulefone X (kiri) Ulefone T2 Pro (kanan)

Notch di Ulefone T2 mirip dengan iPhone X, namun tampak lebih kecil. Layarnya pun lebih besar, yakni 6,7 inci dengan aspek rasio 19:9. Bezel di sisi kanan dan kirinya pun lebih bersih.
Sayangnya, notch tersebut tampak mengganggu informasi status bar di layar.

Begitu pula dengan "saudaranya", Ulefone X. Tak hanya mirip dari namanya, Ulefone X juga menggunakan notch seperti iPhone X. Namun, penampilannya tak semewah Ulefone T2 Pro yang masih menyisakan bezel tebal di sisi bawah dan samping layar.

Leagoo S9

Leagoo S9 berbasis Android yang mirip iPhone X Android Authority Leagoo S9 berbasis Android yang mirip iPhone X

Penamaan perangkat ini cukup menggelitik. Leagoo meniru penamaan Samsung dengan huruf S dan angka di belakangnya, seperti Galaxy S9 yang baru saja rilis, namun desain serupa iPhone X.

Baca juga: Android P Bikin Desain iPhone X Semakin Pasaran?

Seperti halnya Ulefone T2 Pro, notch di Leagoo S9 tak didukung software yang sempurna. Informasi di status bar tampak tertutup oleh notch. Smartphone Android ini dibanderol seharga 150 dollar AS atau sekitar Rp 2 jutaan.

Deretan ponsel Android berponi di layar bisa disimak di haalaman berikutnya.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X