Iklan Twitter di Siaran Piala Oscar 2018 Dikritik

Kompas.com - 05/03/2018, 13:36 WIB
Iklan kesetaraan gender yang digaungkan Twitter. TwitterIklan kesetaraan gender yang digaungkan Twitter.

KOMPAS.com - Ajang The Academy Award ke-90 atau yang dikenal sebagai Piala Oscar 2018 turut disiarkan oleh Twitter secara langsung melalui Periscope, pada Minggu (5/3/2018) malam waktu setempat.

Dalam siarannya, Twitter menyelipkan iklan dengan tagar #HereWeAre. Iklan tersebut merupakan dukungan Twitter untuk gerakan perempuan. Isu perempuan sedang menjadi sorotan di Hollywood atas maraknya kasus pelecehan seksual terhadap perempuan yang marak terjadi di industri hiburan.

Dengan nuansa hitam-putih, seorang perempuan membacakan puisi tentang pergerakan perempuan dengan larik terakhir "beginilah caramu menciptakan dunia baru".

Beberapa menyambut hangat iklan tersebut, dan ikut mengajak perempuan lain untuk saling mendukung.

Namun tak semua menyukai iklan tersebut. Tak sedikit pula justru mengkritik Twitter, yang menganggap iklan tersebut hanya sebatas iklan kosong.

Kritikan ini datang dari riwayat Twitter yang disebut sebagai paltform penyebar konten negatif, yang disebut cenderung menyerang perempuan.

Mereka berharap, akan lebih baik jika Twitter tak hanya sekadar membuat iklan, namun bertindak nyata menghapus kekerasan yang menargetkan perempuan di Twitter. Beberapa di antaranya berharap, Twitter bisa menjadi platform yang aman bagi perempuan.

Twitter kerap dituding sebagai platform, dimana konten negatif termasuk ujaran kebencian tumbuh subur di sana.

Baca juga: Disebut sebagai Penyebar Konten Negatif, Ini Kata Twitter

CEO Twitter, Jack Dorsey telah berjanji untuk lebih ketat dalam menyaring postingan negatif.
Dirangkum KompasTekno dari Mashable, Senin (5/3/2018), minggu lalu, Dorsey menegaskan kembali komitmen tersebut, untuk membabat habis kekerasan dan perundungan di Twitter dari akarnya.

Melalui akun Twitternya, Dorsey ingin menciptakan percakapan "sehat" di platformya dengan mengajukan prososal ke penggunanya bernama "Twitter Health Metrics".

Ide ini diinisiasi oleh sebuah organisasi non-profit, Cortico dan Social Machines untuk mengukur, mengevaluasi, dan melaporkan percakapan di Twitter melalui sebuah metrik.


Bagi pengguna Twitter yang ingin berkontribusi untuk membuat "percakapan sehat" di Twitter, bisa mengirimkan metodologi sekaligus jangka waktu metodologi untuk mengukur dan mengevaluasi "Twitter Health Metrics" hingga 13 April 2018 melalui formulir online berikut.

Baca juga: Janji Bos Twitter Berantas Ujaran Kebencian

Iklan #HereWeAre ini bukan pertama kali muncul. Sebelumnya, iklan ini juga pernah ditayangkan di ajang pameran industri teknologi dunia, Consumer Electronics Show 2018 yang berlangsung di Las Vegas, awal Januari 2018 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.