Oppo R15 Pakai Chip “AI” Baru MediaTek?

Kompas.com - 05/03/2018, 15:13 WIB
Cuplikan Oppo R15 yang memiliki desain serupa iPhone X Android AuthorityCuplikan Oppo R15 yang memiliki desain serupa iPhone X
Penulis Oik Yusuf
|


KOMPAS.com -
Akhir Februari lalu, MediaTek mengumumkan System-on-Chip (SoC) Helio P60 yang mengandakan teknologi pemrosesan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Kini muncul kabar bahwa chip papan tengah tersebut bakal hadir di salah satu model smartphone yang akan datang dari Oppo, yakni Oppo R15.

Keberadaan Oppo R15 diketahui lewat serangkaian gambar teaser dan video yang diedarkan oleh Oppo di China. Ada dua model berbeda yang dipamerkan, yakni Oppo R15 dan Oppo R15 Plus.

Belum diketahui apa saja perbedaan antara keduanya. Yang jelas, Oppo kemungkinan besar bakal meniru desain “bezel less” iPhone X pada R15 dan R15 Plus, lengkap dengan “poni” (notch) di bagian atas layar yang memuat kamera depan dan earpiece.

Baca juga: Oppo R15 Ikutan Pakai Poni Mirip iPhone X?

Desain “poni” iPhone X belakangan memang ramai dijiplak oleh para pabrikan perangkat Android. Selain Oppo, Asus juga menerapkannya di ZenFone 5. Bahkan LG dan Huawei kabarnya juga bakal menyematkan “poni” di ponsel flagship masing-masing.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin (5/3/2018), duo smartphone Oppo R15 disinyalir bakal menerapkan teknologi sensor 3D di bagian “poni” tersebut. Sensor ini nantinya akan dipakai untuk teknologi pengenalan wajah dan emoji animasi ala iPhone X.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chip MediaTek Helio P60 sendiri mengandalkan CPU delapan core yang terdiri dari empat inti CPU ARM Cortex-A73 2 GHz dan empat inti CPU ARM Cortex-A53 2 GHz. MediaTek menjanjikan lompatan kinerja hingga 70 persen dibanding Helio P30 sebelumnya, di samping konsumsi daya lebih irit.

Di samping performa lebih gegas, fitur andalan dari Helio P60 adalah platform pengolahan kecerdasan buatan bernama NeuroPilot, berikut prosesor khusus (AI processing Unit, APU), untuk bantu menangani keperluan tersebut.

Namun, Oppo R15 belum tentu benar-benar akan menggunakan Helio P60, mengingat chip ini juga baru diperkenalkan. Sebelumnya, Oppo R15 sempat dikabarkan bakal memakai chip Snapdragon seri 700 atau 600.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X