Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ada Konsol Nintendo Switch Baru Tahun Ini

Kompas.com - 05/03/2018, 17:24 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gamespot

KOMPAS.com - Nintendo merilis konsol game Switch setahun lalu pada awal Maret 2017. Biasanya hardware perangkat macam ini akan diperbarui seiring waktu, namun Nintendo agaknya belum mau mengoprek konsol handheld tersebut.

Alih-alih memperbarui Switch, kabar yang beredar dari sumber industri menyebutkan bahwa Nintendo akan memperkuat fitur online Switch dan memperbanyak aksesori untuk mendongkrak penjualan.

Aksesori-aksesori dimaksud terhubung ke port USB type-C yang terdapat di Switch. Pasaran aksesori (peripherals) dan layanan online memang menawarkan margin tinggi, sehingga tawaran yang lebih banyak berpotensi mendongrak keuntungan pula.

Namun, Nintendo biasanya memang tidak merilis update hardware untuk konsol game buatannya selama dua tahun pertama. Jadi sebenarnya tidak mengejutkan bahwa Switch yang baru berumur setahun belum akan mendapatkan revisi jeroan.

Baca juga: Nintendo Switch Bakal Dipasangi Android?

Januari lalu, Presiden Nintendo, Tatsumi Kimishima mengatakan bahwa Switch bakal bertahan lebih lama di pasaran dengan lifecycle yang lebih panjang dibandingkan konsol-konsol game Nintendo sebelumnya.

“Hingga sekarang, tren lifecycle hardware biasanya sekitar lima atau enam tahun. Bakal menarik kalau kami bisa memperpanjang masa itu,” ujar Kimishima, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GameSpot, Senin (5/3/2018).

Switch termasuk konsol game Nintendo yang paling laku. Dalam sebulan saja, perangkat ini bisa terjual lebih dari 900.000 unit, untuk pasar Amerika Serikat saja.

Terakhir, pada akhir Januari lalu, Nintendo melaporkan bahwa Switch mencatat penjualan global sebanyak 14,86 juta dalam waktu 10 bulan sejak peluncuran. Angka itu sudah lebih tinggi dibandingkan konsol sebelumnya, Wii U, yang hanya terjual 13,5 juta unit sepanjang kiprahnya di pasaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gamespot
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com