Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Pintar Google Lens Disebar ke Semua Android

Kompas.com - 07/03/2018, 12:37 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5Google

KOMPAS.com - Google Lens adalah tool berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) computer vision yang mampu menganalisa foto, mengenali obyek di dalamnya, dan mengambil informasi seperti alamat dan nomor telepon.

Awalnya Google Lens hanya tersedia di seri perangkat Pixel besutan Google sendiri. Namun, pada awal pekan ini, sang raksasa internet mulai memberikan Google Lens untuk perangkat Android lain melalui Google Photos.

“Mulai bergulir hari ini, pengguna Android bisa mencoba Google Lens untuk melakukan hal-hal seperti membuat kontak baru dari kartu nama, atau mendapatkan informasi tentang landmark terkenal,” kicau Google dalam sebuah tweet, disertai tautan ke aplikasi Google Photos.

Di aplikasi Google Photos versi teranyar itu ada sebuah opsi baru berupa icon Lens untuk menganalisa foto. Lalu, tergantung dari obyek apa yang dikenali oleh Lens dari foto, Google Photos akan menampilkan sejumlah card berisi informasi yang relevan tentang obyek tersebut.


Misalnya, apabila pengguna memindai kartu nama, maka Lens akan mengenali informasi yang tertera, seperti alamat e-mail, nomor telepon, dan jabatan di perusahaan, untuk kemudian disimpan dalam daftar kontak di ponsel.

Untuk sementara ini mungkin belum semua pengguna Android di berbagai negara sudah mendapatkan Google Photos versi terbaru yang sudah berisi fitur Lens. Pembaruannya sendiri memang disalurkan secara bertahap.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Google, Rabu (7/3/2018), selain perangkat Android di luar Pixel, Google juga menjanjikan Lens akan segera hadir di platform iOS (iPhone), namun tanggal pastinya belum disebutkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5Google
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com