Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Aktif WeChat Dekati WhatsApp

Kompas.com - 07/03/2018, 16:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Layanan pesan singkat WeChat menggenapkan 1 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU). Hal ini diumumkan Tencent yang notebene merupakan induk alias parent company dari WeChat.

“Ini merupakan angka yang luar biasa,” kata CEO Tencent, Ma Huateng, dalam sebuah media briefing di Beijing, China.

Menurut Ma Huateng, pencapaian ini tak lepas dari momentum tahun baru China beberapa saat lalu. Lebih dari 688 juta pengguna saling mengirim dan menerima angpao digital via WeChat.

Sebagai perbandingan, layanan pesan singkat WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan. WhatsApp sendiri bisa dibilang lebih dominan secara global.

Baca juga: Akun WeChat Jadi KTP Digital di China

Sementara itu, WeChat merupakan layanan yang menjamur di negeri asalnya, yakni China. WhatsApp sendiri tak bisa diakses di Negeri Tirai Bambu.

Seiring perkembangannya, WeChat pun bukan lagi sekadar wadah bertukar pesan. WeChat tak ubahnya platform satu untuk semua alias all-in-one.

Pengguna bisa saling bertukar pesan via chatting, menjajal media sosial, melakukan pembayaran mobile, memesan kendaraan ride-sharing, memanfaatkan food delivery, belanja online, dan sebagainya.

Bisa dibilang kehidupan sehari-hari masyarakat China saat ini tak lepas dari pemanfaatan WeChat. Bahkan, pemerintah Guangzhou, Guangdong, China, tengah menguji coba KTP virtual yang disatukan ke akun WeChat pengguna di area Nansha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com