Pengguna Aktif WeChat Dekati WhatsApp

Kompas.com - 07/03/2018, 16:13 WIB
Ilustrasi aplikasi WeChat. IstIlustrasi aplikasi WeChat.

KOMPAS.com - Layanan pesan singkat WeChat menggenapkan 1 miliar pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU). Hal ini diumumkan Tencent yang notebene merupakan induk alias parent company dari WeChat.

“Ini merupakan angka yang luar biasa,” kata CEO Tencent, Ma Huateng, dalam sebuah media briefing di Beijing, China.

Menurut Ma Huateng, pencapaian ini tak lepas dari momentum tahun baru China beberapa saat lalu. Lebih dari 688 juta pengguna saling mengirim dan menerima angpao digital via WeChat.

Sebagai perbandingan, layanan pesan singkat WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan. WhatsApp sendiri bisa dibilang lebih dominan secara global.

Baca juga: Akun WeChat Jadi KTP Digital di China

Sementara itu, WeChat merupakan layanan yang menjamur di negeri asalnya, yakni China. WhatsApp sendiri tak bisa diakses di Negeri Tirai Bambu.

Seiring perkembangannya, WeChat pun bukan lagi sekadar wadah bertukar pesan. WeChat tak ubahnya platform satu untuk semua alias all-in-one.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna bisa saling bertukar pesan via chatting, menjajal media sosial, melakukan pembayaran mobile, memesan kendaraan ride-sharing, memanfaatkan food delivery, belanja online, dan sebagainya.

Bisa dibilang kehidupan sehari-hari masyarakat China saat ini tak lepas dari pemanfaatan WeChat. Bahkan, pemerintah Guangzhou, Guangdong, China, tengah menguji coba KTP virtual yang disatukan ke akun WeChat pengguna di area Nansha.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.