Pendiri Microsoft Temukan Bangkai Kapal Induk Perang Dunia II

Kompas.com - 08/03/2018, 09:37 WIB
Bangkai kapal induk AS, USS Lexington STR / PAUL G. ALLEN/AFPBangkai kapal induk AS, USS Lexington

KOMPAS.com - Salah satu pendiri Microsoft, Paul Allen mengklaim jika dirinya dan tim pencarian telah menemukan bangkai kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Lexington. Kapal bersejarah tersebut tenggelam dalam pertempuran melawan kapal angkatan laut Jepang dalam Perang Dunia II.

Reruntuhan kapal berhasil ditemukan sekitar 804,6 kilometer dari pantai Australia oleh kapal pencari petroleum (RV Petrel) yang dipimpin oleh Allen.

Awak kapal menemukan bangkai kapal yang berada di dasar perairan Coral Sea, sekitar 3,2 kilometer di bawah permukaan laut.

Kapal Induk AS Lexington atau yang dikenang sebagai "Lady Lex" tenggelam pada tanggal 8 Mei 1942 bersama 216 awak kapal dan 35 kapal dalam pertempuran di Pasifik bernama Battle of Coral Sea, antara Jepang dan Amerika Serikat.

Perang tersebut tercatat sebagai pertempuran laut pertama dalam sejarah yang melibatkan kapal induk.

Kapal induk Lexington berhasil mengevakuasi lebih dari 2.000 awak kapal dengan cepat, detik-detik terakhir sebelum sang "Lady Lex" tenggelam akibat bombardir kapal Jepang.

"Sebagai warga negara Amerika, kita semua berutang budi dan terimakasih kepada semua yang telah mengabdi dan melanjutkan pengabdian bagi negara kita, untuk kerja keras, persistensi dan pengorbanan mereka", tutur Allen, seperti dikutip KompasTekno dari CNN, Kamis (8/3/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersama kapal induk lain milik AS, USS Yorktown, USS Lexington sempat berhasil memukul mundur kapal Jepang di lepas pantai timur Papua Niugini dan Australia.

Baca juga : Inikah Kapal Pesiar Baru Pendiri Facebook Seharga Rp 2 Triliun?

Perang tersebut hanya berlangsung selama satu bulan, sebelum AS membelokkan perang menuju Pasifik dan berubah menjadi pertempuran Midway (Battle of Midway) pada 4 hingga 7 Juni 1942.

"Sebagai anak salah satu korban selamat kapal induk USS Lexington, Saya mengucapkan selamat kepada Paul Allen dan kru ekspedisi RV Petrel yang telah menemukan "Lady Lex" yang tenggelam sekitar 76 tahun lalu dalam Battle of Coral Sea", jelas Harry B. Harris, Administrator Angkatan Laut Komando Pasifik AS.

"Kami memberi kehormatan bagi para pelaut "Lady Lex" yang pemberani dan berkorban, serta seluruh rakyat Amerika yang ikut berperang dalam perang dunia kedua. Kami akan melanjutkan untuk melindungi kemerdekaan yang telah mereka menangkan untuk kita semua", tutur Harris.

Bangkai kapal Lexington yang ditemukan tim pendiri Microsoft itu, bisa dilihat dalam video berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.