Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Android Bakal Jadi Mouse dan Keyboard Komputer?

Kompas.com - 08/03/2018, 09:42 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Android P versi Developer Preview belum lagi meluncur, namun para programmer di XDA Developer sudah sibuk mengoprek dan mencari aneka kode baru di calon sistem operasi mobile mendatang dari Google itu.

Dari sini diketahui bahwa Google bakal menyematkan dukungan Bluetooth HID (Human Interface Device) di Android P. Artinya, para pengguna OS tersebut mungkin bakal bisa memfungsikan perangkatnya sebagai mouse atau keyboard nirkabel via Bluetooth untuk komputer desktop.

Dukungan fungsi input wireless semacam ini sebenarnya sudah ada di Android sejak 2016, namun entah mengapa tidak pernah dinyalakan. Di Android O, statusnya berubah menjadi aktif.

Pengguna Android sebelumnya bisa memakai perangkat sebagai mouse atau keyboard, namun harus didului dengan proses rooting, lalu mengunduh aplikasi Bluetooth Plus.

Barulah kemudian pengguna bisa memilih aneka aplikasi mouse dan keyboaard dari Play Store, untuk menyulap ponselnya menjadi alat input komputer tersebut.

Dengan diaktifkan langsung secara default di Android P, pengguna perangkat berbasis OS tersebut nantinya tak perlu repot-repot melakukan rooting apabila ingin memfungsikan gadget sebagai mouse atau keyboard wireless.

Lalu, untuk apa pula menggunakan perangkat seperti ponsel sebagai mouse dan keyboard? Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Kamis (8/3/2018), kemampuan ini bisa berguna untuk beberapa skenario.

Misalnya saja, ketika ingin membawakan presentasi, pengguna bisa menggenggam ponsel Android untuk menggantikan fungsi mouse. Ponsel juga relatif lebih praktis ketimbang mouse atau keyboard untuk mengendalikan PC yang difungsikan sebagai media center.

Meski demikian, fitur yang bersangkutan belum tentu benar-benar akan hadir di Android P versi final nanti. Seperti apa implementasinya pun masih belum jelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com