Aturan Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk ke Pesawat

Kompas.com - Diperbarui 25/08/2021, 10:02 WIB
ILUSTRASI - Kabin pesawat Image by StockSnap from PixabayILUSTRASI - Kabin pesawat
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Aturan International Air Transport Association (IATA) menegaskan bahwa kapasitas maksimal powerbank yang dibolehkan dibawa masuk ke dalam kabin pesawat adalah 160 Wh (watt-hour).

Maskapai-maskapai di Indonesia pun juga menggunakan ketentuan dari IATA ini sebagai acuan.

Ketentuan tersebut dipertegas Direktorat Jenderal Perhubungan Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dalam sebuah keterangan tertulis tentang keselamatan penerbangan yang dipublikasikan awal Maret 2018.

Baca juga: Video Kepanikan Penumpang Saat Powerbank Terbakar di Kabin Pesawat

Dalam keterangan tersebut diterangkan bahwa powerbank dengan rating di bawah 100 Wh - dapat dibawa ke bagasi kabin penumpang (bersama penumpang), bukan bagasi tercatat (checked baggage) di kabin kargo pesawat.

Powerbank dengan rating lebih dari 160 Wh sama sekali dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub.


Sedangkan, powerbank dengan rating 100 Wh s.d. 160 Wh harus melalui persetujuan maskapai. Bagaimana cara menghitung kapasitas powerbank dari satuan Wh (Watt hour) menjadi satuan mAh (mili Ampere hour?)

Kapasitas powerbank (daya tampung) biasanya dinyatakan dalam satuan miliampere-hour (mAh), yakni keluaran arus yang bisa diberikan dalam satu jam. Durasinya tergantung besar arus yang diberikan.

Baca juga: Remaja Sebar Foto Pakai AirDrop di Pesawat, Seluruh Penumpang Dievakuasi

Powerbank 10.000 mAh misalnya, bisa memberikan arus 10.000 mAh selama satu jam, atau 5.000 mAh selama dua jam.

Sementara, Wh adalah satuan yang menyatakan rating keluaran energi maksimal sebuah powerbank. Satuan Wh memudahkan komparasi rating energi antara tipe baterai yang berbeda-beda.

Untuk mendapatkan satuan Wh ini, Anda bisa mengalikan angka kapasitas powerbank dengan voltase baterai powerbank (bukan keluaran port USB).

Label di sebuah power bank. Satuan kapasitas, voltase baterai, dan rating energi ditandai garis bawa berwarna merahKOMPAS.com/ OIK YUSUF Label di sebuah power bank. Satuan kapasitas, voltase baterai, dan rating energi ditandai garis bawa berwarna merah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.