Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paralympics 2018 Dimulai, Google Pasang "Doodle" Khusus

Kompas.com - 09/03/2018, 07:01 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang olahraga internasional “Paralympics 2018” dimulai hari ini, Jumat (9/3/2018), di Pyeongchang, Korea Selatan. Kompetisi yang diikuti 80 negara tersebut berlangsung selama sepekan hingga Minggu (18/3/2018) mendatang.

Google turut meramaikan Paralympics 2018 dengan memasang doodle di laman mesin pencari. Doodle itu menggambarkan enam atlet dari cabang olahraga berbeda, yakni ski, biathlon, ski lintas alam, hoki es, snowboarding, dan kursi roda.

Tak kurang dari 670 atlet lintas negara berkumpul untuk unjuk gigi. Menurut laporan, tahun ini lebih banyak atlet perempuan yang terlibat untuk memperebutkan 80 medali.

Diketahui, Paralympics merupakan pertandingan olahraga dengan berbagai nomor untuk atlet yang mengalami cacat fisik, mental, dan sensoral. Cacat yang dimaksud meliputi ketidakmampuan dalam mobilitas, cacat karena amputasi, gangguan penglihatan, serta para penderita cerebral palsy.

Paralympics diselenggarakan empat tahun sekali, dimulai sejak 1960 di Roma. Paralympics sendiri ada yang khusus untuk musim dingin alias winter seperti yang tengah berlangsung sekarang.

Untuk Winter Paralympics, penyelenggaraannya dimulai sejak 1976 di Swedia. Winter Paralympics melombakan cabang olahraga yang berkaitan dengan musim dingin.

Indonesia tak turut hadir dalam Paralympics 2018. Tinggal di negara tropis, kebanyakan atlet Indonesia tak begitu terbiasa dengan cabang olahraga bertemakan salju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com