Video Ini Dijadikan Bukti oleh Trump Bahwa Ada Kekerasan dalam Game

Kompas.com - 09/03/2018, 14:17 WIB
Presiden AS Donald Trump berbicara terkait insiden penembakan di sekolah Florida, di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (15/2/2018). Sebelumnya pada Rabu, 14 Februari, terjadi insiden penmbakan di SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, yang menewaskan 17 orang. AFP PHOTO/MANDEL NGANPresiden AS Donald Trump berbicara terkait insiden penembakan di sekolah Florida, di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (15/2/2018). Sebelumnya pada Rabu, 14 Februari, terjadi insiden penmbakan di SMA Marjory Stoneman Douglas di Parkland, Florida, yang menewaskan 17 orang.

KOMPAS.com - "Bukankah ini kekerasan?", begitu komentar Presiden Amerika Serikat, Donald Trump ketika memperlihatkan cuplikan video game dalam agenda pertemuan bersama para petinggi industri video games.

Dalam video tersebut, ditampilkan beberapa adegan kekerasan yang muncul di video game, seperti penembakan, penusukan dan pembacokan.

Agenda pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Putih tersebut, merupakan tindak lanjut dari masalah kekerasan dalam video game, yang menurut Trump menjadi salah satu pemicu meningkatnya kekerasan di AS.

Terlebih setelah kejadian penembakan di SMA Marjory Stoneman Douglas High School, Parkland, Florida pada 14 Februari lalu.

Baca juga: Trump Ingin Bertemu Pimpinan Industri Game, Ada Apa?

"Kita harus mewaspadai internet, karena banyak hal buruk terjadi kepada anak muda dan pikiran para anak muda, dan pola pikir mereka telah dibentuk (dari internet)", jelas Trump setelah kejadian penembakan yang menewaskan 17 orang tersebut.

"Dan untuk video games. Saya mendengar banyak orang mengatakan tingkat kekerasan di video games sangat membentuk pola pikir anak muda", imbuh Trump.

Ia mengimbau para pelaku industri game dan juga film yang memuat unsur kekerasan, untuk memperbaiki sistem rating produk mereka.

Berikut adalah video montase dari beberapa judul game, yang dibuat oleh Gedung Putih, dan diputar dalam pertemuan Donald Trump dengan pelaku industri game:

Pengalihan isu?

Perwakilan eksekutif industri game yang hadir dalam pertemuan tersebut di antaranya, CEO ZeniMax, Robert Altman; CEO Take-Two, Strauss Zelnick; dan bos Entertainment Software Association (ESA), Michael Gallagher.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Polygon
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X