Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Kalender Mac Diam-diam Menambang Uang Virtual

Kompas.com - 13/03/2018, 13:43 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Script atau malware penambang mata uang virtual (cryptominer) yang menyita sumber daya perangkat secara diam-diam kerap ditemukan di situs-situs internet dan aplikasi mobile yang dibuat untuk menjebak pengguna.

Belakangan hal serupa ditemukan pula di aplikasi kalender untuk platform komputer Mac bernama Calendar 2 yang menyisipkan cryptominer untuk Monero, mata uang virtual sebangsa bitcoin.

Sang pembuat aplikasi sebenarnya sejak awal sudah menerangkan niatnya memakai komputer pengguna untuk menambang uang virtual sebagai salah satu opsi pembayaran untuk mengaktifkan semua fitur di aplikasi freemiun tersebut.

Hanya saja, rupanya ada bug yang menyebabkan aktivitas cryptomining tidak bisa berhenti begitu dijalankan. Walhasil, komputer pengguna Calendar 2 pun bisa mendadak lemot dengan angka pemakaian CPU yang melambung tinggi.


“Calendar 2 untuk Mac (dari App Store) menjalankan penambang cryptocurrency tanpa izin. CPU komputer terpakai hingga 200 persen hingga saya temukan aplikasi tersebut dan mematikannya,” keluh seorang pengguna di Twitter.

Pihak Apple dilaporkan tak menjawab e-mail tentang kelakuan aplikasi Calender 2 yang dilayangkan oleh ArsTechnica. Dalam waktu 24 jam setelah dikirim, aplikasi itu masih bisa diunduh dari toko aplikasi Mac dan belum ditindak oleh Apple, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (13/3/2018).

Tampilan aplikasi Calendar 2 dengan opsi pembayaran menggunakan cryptominer.ArsTechnica Tampilan aplikasi Calendar 2 dengan opsi pembayaran menggunakan cryptominer.
Di sisi lain, pihak developer pembuat Calendar 2, Qbix, mengatakan bahwa penambangan mata uang virtual non-stop yang dilakukan oleh aplikasinya merupakan akibat dari kesalahan program (bug).

Setelah dibanjiri keluhan dan kritik dari para penggunanya, Qbix memutuskan untuk menghapus fitur pembayaran dengan cryptominer dalam versi berikutnya dari Calendar 2.

Baca juga : Wi-Fi Starbucks Dibajak untuk Menambang ?Bitcoin?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com