Rayakan "Pi Day", Google Pamer Kue Pai

Kompas.com - 14/03/2018, 06:31 WIB

KOMPAS.com - Para pecinta matematika pasti tak asing dengan “Pi” (π), yakni sebuah bilangan untuk membandingkan keliling lingkaran dengan diameternya. Hari ini, Rabu (14/3/2018), diperingati sebagai “Pi Day”.

Google pun turut merayakan dengan memasang doodle khusus di laman mesin pencari. Tampak kue pai yang mencuri perhatian, disertai camilan manis lainnya yang membentuk kata “Google”.

Kue pai dan Pi memiliki benang merah, yakni lingkaran. Kue pai disajikan dalam bentuk lingkaran, sementara Pi dibutuhkan untuk mengukur lingkaran.

Nilai Pi memiliki 20 tempat desimal, yakni 3,14159265358979323846 atau jika dibulatkan menjadi 3,14. Karena itulah Pi Day jatuh pada 14 Maret yang terdiri dari angka 3, 1, dan 4.

Pi Day pertama kali dirayakan secara besar-besaran pada 1988 di San Francisco, AS. Inisiatornya adalah seorang fisikawan bernama Larry Shaw.

Kala itu, Larry Shaw dan para stafnya berbaris untuk mengelilingi sebuah ruang bundar sembari memakan kue pai. Tradisi itu kemudian diteruskan pada tahun-tahun selanjutnya.

Pada perkembangannya, Pi Day tak cuma dirayakan dengan makan kue pai, tetapi juga melempar kue pai dan membahas pentingnya bilangan Pi. Tentu saja kedekatan emosional Pi Day lebih dirasakan para pecinta matematika.

Pada 12 Maret 2009, Dewan Perwakilan Amerika Serikat menyetujui perayaan Pi Day setiap 14 Maret. Setahun setelahnya, pada 2010, Google pertama kali merayakan Pi Day dengan memasang doodle khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.