Apple WWDC 2018 Digelar Awal Juni, Apa yang Diluncurkan? - Kompas.com

Apple WWDC 2018 Digelar Awal Juni, Apa yang Diluncurkan?

Kompas.com - 14/03/2018, 09:29 WIB
WWDC 2018 di San Jose, California.Apple WWDC 2018 di San Jose, California.

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan jadwal penyelenggaraan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018, yakni pada 4 hingga 8 Juni mendatang, di McEnery Convention Center, San Jose, California, AS.

Ajang kumpul developer tahunan tersebut selalu jadi momentum bagi Apple untuk merilis deretan sistem operasinya. Untuk tahun ini, masing-masing adalah iOS 12, macOS 10.14, watchOS 5, dan tvOS 12.

“Ketika teknologi berpadu dengan kreativitas, ide menakjubkan akan lahir. Musim panas ini kami mengundang ribuan talenta dari seluruh dunia untuk bergabung dengan kami dan mewujudkan ide mereka,” begitu pernyataan resmi Apple terkait WWDC 2018.

Ada beberapa bocoran terkait iOS 12 yang sudah ramai berseliweran di ranah maya. Sistem operasi untuk iPhone dan iPad itu dikatakan bakal memiliki fitur “Parental Control”.

Fitur tersebut memungkinkan orang tua mengunci beberapa fitur dan aplikasi di iPhone dan iPad yang diberikan ke anak. Hal ini menyusul semakin banyaknya pengguna iPhone di bawah umur yang masih membutuhkan kontrol pemakaian.

Baca juga: Apple Diminta Kaji Efek Kecanduan Smartphone bagi Anak

Bocoran lainnya mencakup antarmuka multi-layar (Split View), akses aplikasi dari sisian layar (App Bar), dukungan AirPlay 2 untuk streaming ke beragam perangkat, monitor kesehatan via Health Tool, serta menjaga keamanan privasi dengan Guest Mode.

Secara garis besar, iOS 12 dikatakan bakal meningkat dari segi performa dan stabilitas. Hal ini menjawab keluhan sebelumnya yang ramai, soal iPhone yang kurang responsif ketika baterainya mulai usang.

Baca juga: iPhone Lawas Sengaja Dibikin Lemot oleh Apple, Mengapa?

Apple masih bungkam soal bocoran-bocoran ini. Karenanya, belum ada yang bisa dipercaya 100 persen hingga iOS 12 benar-benar diresmikan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Apple mengandalkan sistem lotere untuk mengatasi lonjakan pembelian tiket. Siapa saja berkesempatan membeli tiket WWDC 2018 senilai 1.599 dollar AS atau setara Rp 22 juta, asalkan mendaftar terlebih dahulu.

“Kesempatan membeli tiket WWDC 2018 ditentukan oleh seleksi acak. Registrasi dibuka hingga 22 Maret 2018 pukul 10.00 waktu setempat,” begitu tertera pada situs resminya. Jika Anda tertarik, bisa mendaftar lewat tautan ini.


Komentar
Close Ads X