Lawan Hoax, YouTube Sertakan Link Wikipedia di Video

Kompas.com - 15/03/2018, 07:02 WIB
Logo YouTube GoogleLogo YouTube
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Di YouTube banyak beredar video tentang topik kontroversial dan teori konspirasi, misalnya seputar pendaratan NASA di bulan yang sering disebut sebagai hoax.

Untuk mencegah misinformasi, sekaligus memberikan sudut pandang secara menyeluruh bagi pemirsa video-video seperti ini, YouTube berencana menyuguhkan tautan ke artikel ensiklopedia internet Wikipedia yang berkaitan dengan topik video.

Fitur yang dinamai "Information cues" oleh YouTube ini berupa tautan disertai deskripsi singkat dan gambar thumbnail yang diletakkan persis di bawah tampilan video, sebagaimana terlihat dalam gambar di bawah.

Tautan ke Wikipedia rencananya akan mulai dihadirkan di YouTube dalam beberapa bulan ke depan. Platform video sharing itu terutama bakal menghadirkan link di video tentang konspirasi yang memang banyak beredar, seperti soal pendaratan di bulan tadi.

Information Cue berupa tautan ke artikel Wikipedia yang akan ditambahkan ke video YouTube dengan konten berbau teori konspirasi.YouTube Information Cue berupa tautan ke artikel Wikipedia yang akan ditambahkan ke video YouTube dengan konten berbau teori konspirasi.

"Saat ada video yang membahas soal konspirasi -kami menggunakan daftar konspirasi yang banyak beredar dari Wikipedia- maka kami akan menyajikan informasi pendamping dari Wikipedia, untuk menunjukkan informasi keseluruhannya," ujar CEO YouTube, Susan Wojcicki, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (15/3/2018).

Wojcicki tidak menjelaskan berapa banyak teori-teori konspirasi populer yang sudah dikumpulkan oleh YouTube. Hanya saja, dia mengatakan bahwa jumlahnya bisa ditambah seiring waktu.

Wikipedia sendiri sebenarnya bukan sumber informasi yang sepenuhnya bisa diandalkan, karena bersifat crowsourced dan ditulis oleh sukarelawan, serta isinya bisa berubah sewaktu-waktu.

Pemakaian Wikipedia sebagai sumber referensi untuk karya akademis pun banyak dilarang. Tapi setidaknya ensiklopedia online ini bsia memberikan perspektif yang lebih netral dan menyeluruh, dibanding video teori konspirasi di YouTube yang kerap mengedepankan sensasionalisme.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X