Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Galaxy S9 "Disiksa" dan Dibakar, Bagaimana Kondisinya?

Kompas.com - 15/03/2018, 14:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang menantikan Samsung Galaxy S9 dalam genggaman, untuk mencoba beberapa fitur andalannya. Seperti fitur kamera slow-motion, AR emoji, atau menjajal kualitas kamera dengan jepretan di kondisi low-light.

Namun, salah satu YouTuber beken dengan nama kanal "JerryRigEverything", justru punya minat lain. YouTuber yang kerap menyiksa smartphone kelas atas ini juga ingin melakukan hal yang sama dengan Galaxy S9.

Ia ingin membuktikan apakah spesifikasi premium yang diumbar benar-benar sesuai kenyataannya.

Mulanya, ia menguji coba ketahanan layar yang terlindungi Gorilla Glass 5 yang lebih tebal dibanding pendahulunya, Galaxy S8.

Kemudian ia memberikan nomor 2 hingga 9 untuk mengukur tingkat anti gores, dan dilanjutkan menggores permukaan layar menggunakan sebuha benda tajam.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Hasilnya, goresan mulai muncul di angka enam dan semakin dalam di angka tujuh. Jerry mengklaim, lini HTC yang mengusung layar safir kristal masih memegang anti gores teratas, dimana baru tergores di angka delapan.

Dengan hasil ini, panel super AMOLED Galaxy S9 cukup aman jika digores dengan silet, koin dan kunci. Lantas ia melanjutkan menggores bagian pad di bawah layar, dan tak tampak ada goresan.

Ia melanjutkan "penyiletan" ke bagian earpiece di atas display yang terbuat dari metal untuk menjaga earpice tetap bersih. Setelah digores dengan cutter, terlihat goresan yang cukup jelas.

Bagian kamera depan pun tak luput dari goresan. Namun, modul kamera yang terbenam di bawah lapisan kaca, membuat kamera depan aman dari bercak goresan.

Hasil berbeda terdapat di bagian sisi samping perangkat yang terbuat dari alumunium. Ketika digores, nampak jelas jika lapisan warna pada casing terkelupas cukup parah.

"Pengulitan" dilanjutkan ke bagian puggung perangkat. Sasaran pertama adalah kamera 12 megapiksel dan pemindai seidik jari yang mengalami perubahan posisi dibanding Galaxy S8.

Hasilnya cukup impresif untuk kamera. Berkat pelindung kaca, goresan tak cukup terlihat. Namun, pemindai sidik jari tergores cukup parah, meskipun saat diuji coba masih bisa berfungsi dengan baik.

Begitu pula dengan kinerja kamera, yang masih berfungsi normal ketika mencoba fitur AR emoji.

Disela-sela uji coba kamera, Jerry pun terkesan dengan fitur dual-aperture di kamera belakang yang sebelumnya ada di kamera profesional kini muncul di lini smartphone.

Baca juga: Galaxy S9 Dibongkar, Cara Kerja Kamera ?Dual-Aperture? Ketahuan

Puas mencabik-cabik layar dan punggung, dia kemudian mencoba membakar layar.
Setelah api dimatikan, bercak putih pada layar pulih seketika.

Tes durabilitas terakhir adalah dibengkokan. Dalam pengamatan KompasTekno melalui YouTube, Kamis (15/3/2018), Jerry mencoba membengkokkan Samsung Galaxy S9 lebih dari tiga kali percobaan.

"Samsung tidak pernah gagal di uji ketahanan saya sebelumnya. Dengan upgrade bingkai aluminium ini, hasilnya tetap sama", jelasnya.

Dia menambahkan catatan sedikit ketika mencoba membengkokan Galaxy S7 Edge 2016 lalu, terlihat retakan pada bagian punggung belakang. Bagaimana selengkapnya uji ketahanan Samsung Galaxy S9, bisa disaksikan dalam video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber YouTube


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com