Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Bikin Video "Slow Motion" Epik dengan Ponsel

Kompas.com - 16/03/2018, 09:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video gerak lambat atau slow motion mulai digandrungi dan diprediksi akan menjadi tren baru di media sosial pada 2018. Dalam praktiknya, pengambilan video slow motion tidak bisa sembarangan, dan perlu pemahaman untuk menghasilkan gambar yang lebih dramatis.

Fotografer profesional, David Soong memberikan tips bagi pengguna ponsel yang ingin mengambil video slow motion dan mengunggahnya di media sosial. Setidaknya ada empat tips yang diberikan David bagi para pengguna ponsel dengan fitur ini.

Harus peka

Pertama, menurut David, pengguna harus peka terhadap momen bergerak yang ada di sekitarnya. Pasalnya, momen yang bagus akan sulit untuk terjadi dua kali. 

"Harus bisa melihat momen yang bergerak dengan cepat. Misalnya orang yang sedang melompat, atau orang yang dilempar ke kolam renang ketika ulang tahun. Ini bisa direkam dan menjadi momen yang bagus," ujar David Soong di acara "Gadget Story”, Rabu (15/9/2018), di Caribou Coffee, Lotte Avenue Kuningan, Jakarta Selatan. 

Melihat kondisi

Kedua, pengguna yang akan merekam harus melihat kondisi objek. Jika memang objek yang akan direkam tidak dalam kondisi bergerak, maka si pengguna lah yang harus bergerak bersama perangkat. Ini bisa membuat efek yang tidak kalah apik dengan objek yang bergerak. 

Baca juga: Video Gerak Lambat Bakal Ngetren di Medsos Tahun Ini

Pencahayaan

Ketiga, pengguna harus memerhatikan sisi pencahayaan objek. Dalam fotografi, pencahayaan memang menjadi aspek vital dan dalam membuat video gerak lambat ini, cahaya yang direkam oleh lensa harus cukup terang agar tidak terjadi flicker pada gambar. 

Fotografer David Soong di acara Gadget Story Galaxy S9 di caribou Coffee di Jakarta, Kamis (15/3/2018).Dok. KOMPAS.com Fotografer David Soong di acara Gadget Story Galaxy S9 di caribou Coffee di Jakarta, Kamis (15/3/2018).
"Harus terang. Pencahayaan harus cukup. Di dalam ruangan bisa saja, tapi harus terang. Jika tidak, nanti bisa ada efek flicker yang menggangu pada gambar," kata David. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.