Google Maps Sediakan Rute bagi Pengguna Kursi Roda

Kompas.com - 16/03/2018, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Layanan peta digital Google Maps meluncurkan fitur baru bertajuk “Wheelchair Accessible”. Sesuai namanya, fitur tersebut bertujuan mempermudah pencarian rute dan navigasi bagi para pengguna kursi roda.

Wheelchair Accessible diluncurkan secara bertahap. Untuk sementara, hanya pengguna di beberapa kota metropolitan yang sudah kebagian akses, semisal New York, Tokyo, London, Mexico City, Sydney, dan Boston.

Google berjanji bakal memboyong fitur ini untuk semua pengguna di semua kota dan negara dalam beberapa bulan ke depan. Lantas, bagaimana cara memakainya?

Pertama, tulis destinasi Anda di Google Maps seperti biasanya. Tekan “Directions” dan pilih ikon bus yang mewakili transportasi publik.

Baca juga: Membandingkan Google Maps dengan Waze, Mana Lebih Baik?

Klik tulisan “Option”, lalu gulir antarmuka aplikasi hingga ke bawah. Anda akan melihat opsi “Wheelchair Accessible” pada pilihan “Routes”.

Google Maps punya fitur Wheelchair Accessible.Google Maps Google Maps punya fitur Wheelchair Accessible.

Selain memilih rute dengan kursi roda, pengguna juga bisa mencentang rute terbaik (Best Route), rute dengan transit paling sedikit (Fewer Transfers), dan rute untuk jalan kaki tak terlalu banyak (Less Walking), sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (16/3/2018), dari Ubergizmo.

Fitur Wheelchair Accessible menunjukkan komitmen Google Maps membantu para pengguna kursi roda. Sebelumnya, pada 2017 lalu, Google Maps memungkinkan pengguna saling berbagi informasi detail soal akses bagi pengguna kursi roda di berbagai tempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Ubergizmo


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.