Spotify Uji Fitur Perintah Suara

Kompas.com - 17/03/2018, 07:50 WIB
Ilustrasi Spotify Christian Hartmann / ReutersIlustrasi Spotify

KOMPAS.com - Layanan music-streaming Spotify kini mulai bisa mendengar suara pengguna. Hal ini berkat fitur "Voice Search" yang tengah diuji coba.

Pengguna bisa memerintahkan Spotify untuk memutar kumpulan lagu "Discover Weekly", memainkan lagu ber-genre tertentu, hingga mencari judul lagu dan musisinya secara spesifik.

"Saat ini baru diuji coba untuk sebagian kecil pengguna," kata juru bicara Spotify.

Spotify berdalih bakal mengembangkan fungsi Voice Search lebih jauh lagi. Karenanya, informasi detail soal fitur tersebut belum mau diumbar.

Uji coba Voice Search pada Spotify pertama kali diungkap pengguna bernama Hunter Owens. Ia mengunggah video tutorial di akun YouTube pribadinya pada Rabu (14/3/2018) kemarin.

Baca juga: Spotify Blokir Pengguna Aplikasi Bajakan

Berdasarkan video tersebut, ikon Voice Search akan muncul secara default di sisi kanan antarmuka aplikasi Spotify. Ketika ditekan, pengguna bisa langsung melakukan perintah pencarian.

Mekanisme ini akan membuat pengguna lebih praktis menjajal Spotify dalam beberapa kondisi. Misalnya ketika ingin mengganti lagu sembari menyetir, atau saat memegang banyak barang dan sulit mengetik.

Beberapa orang berpendapat, Voice Search merupakan langkah Spotify untuk merilis smart speaker. Strategi ini serupa dengan Apple ketika merilis Siri untuk HomePod, Google ketika merilis Assistant untuk Home, atau Amazon ketika merilis Alexa untuk Echo.

Spotify belum menanggapi isu yang beredar. Kita tunggu saja hingga fitur Voice Search bisa dinikmati semua pengguna.


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber TechCrunch

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X