Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Memblokir dan Membatalkan Pemblokiran Teman di Facebook

Kompas.com - 18/03/2018, 09:51 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Uber Gizmo

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook masih digandrungi masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, Indonesia menduduki posisi keempat sebagai pengguna Facebook terbanyak di seluruh dunia, berdasarkan survey We Are Social dan Hootsuite tahun 2017.

Dengan banyaknya jumlah pengguna, tentu banyak dinamika interaksi sosial yang terjadi. Tak jarang aksi blokir memblokir akun menjadi solusi yang dipilih. Namun, aksi pemblokiran juga sering dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari akun yang tidak dikenal.

Setelah memblokir orang lain, pengguna juga bisa membatalkan pemblokiran untuk kembali berinteraksi dengan orang tersebut. Bagaimana caranya? Simak dalam langkah-langkah yang  KompasTekno rangkum dari UberGizmo, Minggu, (18/3/2018) berikut ini.

Melalui aplikasi mobile di iOS dan Android

Blokir akun Facebook melalui aplikasi mobileUber Gizmo Blokir akun Facebook melalui aplikasi mobile

Memblokir akun tertentu melalui aplikasi mobile tak terlalu sulit. Di perangkat mobile berbasis iOS, khususnya iPhone, cukup kunjungi laman profil orang yang ingin diblokir.

Lalu, temukan menu "more" (lainnya) yang berada dibawah foto profil. Kemudian, pilih opsi "block" (blokir), lantas Facebook akan memberikan beberapa detail informasi lanjutan setelah akun tersebut di blokir. Jika setuju memblokir akun, klik pilihan blokir.

Untuk perangkat Android, langkahnya pun tak jauh berbeda dengan perangkat iPhone. Hanya tampilan antramuka di Android akan sedikit berbeda.

Melalui desktop

Pemblokiran akun Facebook melalui desktopUber Gizmo Pemblokiran akun Facebook melalui desktop

Pemblokiran juga bisa dilakukan melalui Facebook versi desktop. Caranya pun sama, hanya tampilannya akan berbeda dengan di mobile. Setelah membuka laman profil akun pengguna yang ingin diblokir, temukan menu "lainnya" yang berada di foto sampul bagian bawah.

Menu tersebut tepat berada di sebelah menu "message" (pesan). Lanjutkan pilih opsi "blokir" yang berada di urutan terbawah. Seperti halnya pada mobile, sebelum melanjutkan pemblokiran, pengguna akan diberikan informasi langkah lanjutan setelah akun tersebut diblokir.

Baca juga : Facebook Rilis Fitur untuk Membuat Daftar, Begini Cara Mencobanya

Cara membatalkan pemblokiran (unblock)

Latar belakang pemblokiran bisa beragam. Apapun alasannya, jika dirasa perlu untuk membatalkan pemblokiran alias unblock, bisa melakukan langkah-langkah berikut.

Melalui aplikasi mobile di iOS dan Android

Pembatalan pemblokiran akun Facebook melalui aplikasi mobileUber Gizmo Pembatalan pemblokiran akun Facebook melalui aplikasi mobile

Pergilah ke ikon "menu" yang bergambar susunan tiga buah garis. Kemudian, pilih menu "settings" (pengaturan), lalu pilih "account settings" (pengaturan akun). Disana akan tertera opsi "blocking" (pemblokiran) untuk mengelola akun yang diblokir, kemudian pilih opsi tersebut.

Akan muncul beberapa nama akun yang telah diblokir, dan pilihlah akun mana yang hendak dibatalkan pemblokirannya dengan mengklik "unblock" (batalkan pemblokiran).

Halaman:
Sumber Uber Gizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com