Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S10 Dibekali Fitur Andalan ala iPhone X?

Kompas.com - 18/03/2018, 11:23 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Gegap gempita Galaxy S9 belum usai, namun Samsung dikabarkan sudah mulai menggarap penerusnya, yakni Galaxy S10.

Menurut penuturan sumber industri kepada media lokal Korea Selatan, Samsung bakal menggandeng vendor penyedia teknologi 3D, Mantis Vision, untuk menyematkan teknologi kamera 3D untuk memindai wajah di calon ponsel andalan barunya itu.

Apabila benar, maka Galaxy S10 kemungkinan bisa memiliki fitur sekuriti biometrik berbasis pengenalan wajah secara tiga dimensi, mirip Face ID yang menjadi andalan pada iPhone X.

Namun belum jelas benar bagaimana Samsung akan memanfaatkan tekonologi sensor 3D kedepannya. Apakah akan mengekor iPhone X memindai wajah, ataukah diterapkan dalam fitur lain.

iPhone X sendiri sudah menggunakan teknologi sensor 3D dalam fitur Face ID yang dibekali 30.000 titik proyeksi infra merah untuk memindai dan memetakan kontur wajah pengguna secara tiga dimensi.

Sebelum iPhone X, sebenarnya Samsung lebih dulu menerapkan teknologi biometrik pengenal wajah di kamera depan pada Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, tapi sifatnya masih dua dimensi sehingga belum mampu membedakan kontur wajah.

Seperti dirangkum KompasTekno dari Cnet, Minggu (18/3/2018), baik Samsung atau Mantis Vision masih enggan memberikan komentar mengenai kemungkinan penerapan kamera 3D di Galaxy S10.

Baca juga : Galaxy S9 Kabarnya Tak Akan Disusul Galaxy S10

Selain kamera 3D, Samsung Galaxy S10 juga dikabarkan bakal mengusung teknologi sensor pemindai sidik jari yang terintegrasi langsung di layar (in-display fingerprint sensor).

Teknologi ini memang diramalkan akan marak digunakan di ponsel flagship generasi mendatang, setelah pertama kali diperkenalkan lewat ponsel konseo Vivo Apex.

Serupa dengan iPhone X yang menjadi iPhone edisi ulang tahun kesepuluh Apple, Galaxy S10 juga akan menandai momentum yang sama bagi Samsung. Karena itu sempat beredar kabar bahwa Galaxy S10 akan dinamai sebagai "Galaxy X".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com