6 Tips Memotret dengan "Smartphone" ala "Travel Blogger"

Kompas.com - 18/03/2018, 20:25 WIB
Travel blogger Putri Anindya (kiri) dan fotografer David Soong saat berbagi tips memotret dengan smartphone di acara Gadget Story Galaxy S9 dan S9 Plus di Jakarta, Kamis (15/3/2018). KOMPAS.com/ OIK YUSUFTravel blogger Putri Anindya (kiri) dan fotografer David Soong saat berbagi tips memotret dengan smartphone di acara Gadget Story Galaxy S9 dan S9 Plus di Jakarta, Kamis (15/3/2018).
Penulis Oik Yusuf
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memotret untuk mengabadikan berbagai hal dalam perjalanan adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan saat traveling. Bagi banyak orang, smartphone yang senantiasa berada dalam genggaman adalah perangkat andalan untuk keperluan yang satu ini.

Smartphone masa kini memiiki kualitas tangkapan gambar yang tak kalah dibandingkan kamera digital stand alone. Ponsel pintar juga praktis untuk mengunggah hasil jepretan ke media sosial karena langsung terhubung ke internet.

Agar jepretan lebih ciamik, ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat memotret dengan smartphone.

Travel blogger dan selebgram Putri Anindya membeberkan tips-tips ini saat berbicara dalam acara Gadget Story tentang Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Lotte Shopping Avenue, Kamis (15/3/2018) lalu. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pastikan lensa kamera bersih. Persoalan yang satu ini mungkin terdengar sepele, namun sebenarnya krusial karena bisa sangat mempengaruhi hasil foto. Lensa yang ternoda bisa membuat foto terlihat buram, atau seolah berkabut.

“Tak perlu alat khusus untuk membersihkannya. Di lap pakai baju sebenarnya juga cukup,” ujar selebgram yang biasa disapa Puan tersebut.

Khusus untuk beberapa model smartphone Galaxy besutan Samsung, seperti Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus, perangkat akan memberitahukan pengguna apabila lensa kamera terdeteksi dalam keadaan kotor saat hendak memotret. Pengguna pun bisa langsung membersihkan agar foto tetap tampil maksimal.

Baca juga : Video: Hands-on 4 Fitur Andalan Galaxy S9

2. Cari leading lines untuk komposisi menarik. Leading lines adalah elemen garis-garis dalam foto yang “menuntun” mata untuk menelusuri frame foto, misalnya jalan yang di ujungnya terdapat obyek menarik.

 

A post shared by Putri Anindya (@puanindya) on Mar 5, 2017 at 2:30am PST

“Leading lines ini bentuknya bisa jalan atau struktur geometris. Tapi tak harus itu, karena bisa juga hal lain seperti pola bukit di padang pasir,” ujar Puan memberi contoh.

Dengan leading lines, pengguna smartphone bisa menjepret foto dengan pola geometris dan simetri. Puan menyarankan agar jeli melihat munculnya peluang untuk komposisi ini di lingkungan sekitar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X