Lenovo: Indonesia Tidak Terdampak ThinkPad Carbon X1 yang "Kepanasan" - Kompas.com

Lenovo: Indonesia Tidak Terdampak ThinkPad Carbon X1 yang "Kepanasan"

Kompas.com - 20/03/2018, 16:43 WIB
ThinkPad X1 CarbonLenovo ThinkPad X1 Carbon

KOMPAS.com - Lenovo sempat menarik sejumlah unit laptop Thinkpad X1 Carbon generasi ke-5 karena adanya risiko "overheat" pada salah satu komponen. Perangkat yang terdampak diklaim Lenovo hanya di wilayah pemasaran Eropa dan Kanada.

Bagaimana dengan Indonesia? Pihak Lenovo sesumbar insiden overheat ini tidak sempat mampir ke tanah Air. Johny Dermawan, Enterprise Bussiness Director Lenovo Indonesia mengatakan, Thinkpad X1 Carbon yang dimiliki pengguna di Indonesia aman dari masalah kelebihan panas tersebut.

"Beberapa waktu lalu memang ada investigasi dari kami. Kemudian perusahaan global Lenovo langsung mengontak customer yang ada di database kami dan kami lakukan pengecekan ulang," ujar Johny saat peluncuran ThinkPad X1 Family di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Ia memaparkan bahwa insiden itu disebabkan oleh adanya sedikit malfungsi pada salah satu komponen. Namun kejadian ini sudah dibereskan dengan memberikan pergantian komponen secara gratis pada pengguna X1 Carbon generasi ke-5 yang mengalami insiden ini.

"Akan selalu ada evaluasi, kami juga akan selalu proaktif pada konsumen. Ke depan tidak akan ada isu seperti ini lagi, saya jamin. Apalagi di seri terbaru ini. Kemarin hanya ada sedikit kesalahan dan malfungsi," tambahnya.

Insiden ini terjadi pada Februari lalu. Dilansir dari TheVerge, Lenovo setidaknya menarik kembali ThinkPad X1 Carbon generasi kelima yang dibuat antara bulan Desember 2016 hingga Oktober 2017.

Tercatat ada sekitar 78.000 unit yang terindikasi terkena masalah ini. Lenovo pun menanggapi masalah ini dengan cepat. Mereka segera membuka jalur pelaporan serta pengecekan untuk pengguna yang laptopnya terbukti bermasalah.

Kini Lenovo kembali meluncurkan keluarga ThinkPad X1 Carbon-nya. Diperkenalkan pada Januari di ajang CES 2018 lalu, Lenovo memboyong setidaknya tiga produk ThinkPad X1 ke Indonesia. Ketiga produk tersebut adalah ThinkPad X1 Carbon, ThinkPad X1 Yoga, dan ThinkPad X1 Tablet. 

ThinkPad Carbon X1 seri teranyar ini diklaim sebagai salah satu laptop yang tertipis. Dengan bobot seberat 1,13 kilogram dan ketebalan sekitar 15,5 mm. Laptop ini juga dilengkapi dengan teknologi RapidCharge dan baterai yang diklaim bisa tahan hingga 15 jam. 

Kemudian ada juga ThinkPad X1 Yoga. Produk ini melengkapi jajaran notebook 2 in 1 Lenovo untuk kelas enterprise. ThinkPad X1 Yoga dilengkapi dengan USB tipe C serta Thunderbolt Dock.

Yang terakhir, ThinkPad X1 Tablet. Thinkpad Tablet X1 dilengkapi keyboard eksternal dan Pen Pro yang memiliki tingkat sensitivitas sebesar 4.096 tingkat pada bagian ujungnya.


Komentar
Close Ads X