Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Ketahuan Bikin Lelet Internet di Korea Selatan

Kompas.com - 23/03/2018, 07:45 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Otoritas telekomunikasi Korea Selatan mendenda Facebook senilai 396 juta won atau sekitar 369.705 dollar AS (Rp 5,2 miliar). Ihwalnya, Facebook dinilai memperlambat koneksi internet pengguna di Korea Selatan sepanjang 2016 dan 2017.

Menurut investigasi Korea Communications Commission (KCC), Facebook diam-diam mengalihkan beberapa akses pengguna ke jaringan di Hongkong atau Amerika Serikat. Padahal, semestinya pengguna Korea Selatan berada pada jaringan domestik.

Menurut hukum yang berlaku di Korea Selatan, pengalihan akses jaringan alias rerouting tanpa pemberitahuan ke pengguna adalah ilegal. Apalagi rerouting itu berimbas pada koneksi pengguna yang semakin lambat sekitar 4,5 kali dari biasanya.

“Facebook tak peduli dengan keluhan operator telekomunikasi lokal yang mendapat laporan dari masyarakat tentang koneksi yang melambat. Hasilnya, kualitas layanan Facebook tak terjaga pada level yang layak,” kata perwakilan KCC.

Salah satu operator telekomunikasi lokal, SK BroadBand, mengaku menerima 10 keluhan dari pengguna setiap harinya terkait koneksi lambat ketika mengakses Facebook dan Instagram. Sementara itu, operator lainnya bernama LG UPlus menerima rata-rata 34 keluhan bernada sama.

Pengguna Facebook sendiri di Korea Selatan lumayan banyak, mencapai 14,5 juta tahun lalu dan diprediksi meningkat hingga 14,85 juta pada tahun ini.

Tuntutan hukum dari Korea Selatan dinilai berlebihan oleh Facebook. Raksasa jejaring sosial itu merasa tak melanggar hukum apa pun.

“Kami kecewa dengan keputusan KCC,” ujar perwakilan Facebook, sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, Jumat (23/3/2018).

Sebagai dalih, Facebook sesumbar tak pernah menjamin bahwa performa jejaring sosialnya bakal selalu prima tanpa gangguan. Dalih itu ditolak KCC dan tetap teguh menuntut denda.

Belakangan perhatian khalayak tertuju pada Facebook. Baru-baru ini layanan yang didirikan Mark Zuckerberg itu juga diterpa isu kebocoran data pengguna dalam kasus "Cambridge Analytica". (Baca juga : Bocoran Data Pengguna Facebook Dipakai Pilpres AS, Zuckerberg Umbar Janji)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com