Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

#DeleteFacebook Menggema, Bagaimana Cara Menghapus Akun Facebook?

Kompas.com - 23/03/2018, 10:58 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tagar #deletefacebook, masih menggema di platform pencarian Google dan Twitter. Gerakan ini pertama kali diserukan oleh salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton.

Seruan tersebut disebar setelah skandal data personal pengguna Facebook dicuri oleh konsultan politik Donald Trump, Cambridge Analytica dan digunakan untuk pemenangan pilpres AS. (Baca juga : Pendiri WhatsApp Ajak Netizen untuk Hapus Facebook)

Kebocoran tersebut sudah pasti merugikan pengguna Facebook. Ibaratnya ditelanjangi, semua informasi Anda di Facebook, dari mulai yang publik sampai yang sangat pribadi bisa diintip. Nama, nomor telepon, alamat rumah, kebiasaan sehari-hari, daftar teman, isi chat, postingan yang di-like dan sebagainya bisa dilihat oleh pemegang bocoran data.

Di tengah kasak-kusuk skandal yang semakin meruncing, tak ada salahnya memilih untuk menghapus atau menonaktifkan akun Facebook, jika dirasa ragu untuk menggunakannya lagi karena alasan privasi.

Lantas, apakah menonaktifkan Facebook sama halnya dengan menghapus akun Facebook?
Jawabannya tentu saja tidak. Keduanya memiliki dampak yang berbeda. KompasTekno mencoba menjelaskan perbedaan keduanya, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (23/3/2018).

Nonaktifkan akun Facebook (Deactive)

Jika Anda memilih menonaktifkan akun Facebook, artinya Anda akan bisa kembali mengaktifkannya. Saat akun Anda hiatus, akun yang berteman dengan Facebook Anda tidak akan bisa melihat linimasa (timeline), atau mencari akun Anda.

Meski begitu, beberapa informasi masih bisa terlihat oleh teman, seperti pesan yang dikirim.
Facebook juga akan tetap menyimpan informasi akun Anda, termasuk daftar teman dan ketertarikan jikalau Anda mengaktifkannya kembali.

Cara menonaktifkan akun Facebook

Menonaktifkan akun Facebook sementaraKompas.com Menonaktifkan akun Facebook sementara

Setelah masuk ke akun Facebook melalui desktop, pergi ke ikon segitiga ke bawah yang terletak di paling kanan, kemudian pilih menu "pengaturan" (setting). Pilih opsi "umum" dengan ikon dua gerigi di kolom sebelah kiri, gulir ke bawah hingga menemukan pilihan "nonaktifkan akun Anda".

Facebook akan meminta alasan, penonaktifkan akun dengan menyediakan beberapa opsi. Jika telah memilih salah satunya, klik tutup untuk memungkasi proses.

Baca juga : Begini Cara Memblokir dan Membatalkan Pemblokiran Teman di Facebook

Penonaktifkan akun juga bisa dilakukan via mobile. Caranya, klik menu dengan ikon garis tiga yang tersusun vertikal di pojok kanan. Lantas, gulir kebawah hingga menemukan menu "pengaturan akun", lalu pilih opsi "umum" dan "kelola akun", selebihnya, sama dengan langkah menonaktifkan Facebook via desktop.

Jika ingin mengaktifkannya, cukup masuk ke lama Facebook, dan isi username serta password seperti sedia kala.

Menghapus akun Facebook (Deleting)

Berbeda dengan menonaktifkan Facebook yang hanya bersifat temporer, menghapus akun bersifat selamanya. Namun, Facebook akan menunda penghapusan akun selama beberapa hari setelah permintaan penghapusan dilakukan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com