Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Kembali Seru, Postingan Terbaru yang Bakal Muncul Pertama

Kompas.com - 23/03/2018, 11:15 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram akhirnya kembali seru. Postingan terbaru teman bakal muncul paling atas di linimasa. Pengguna tak bakal menemukan postingan tiga hari yang lalu saat membuka aplikasi Instagram.

Instagram baru saja mengumumkan kepastian pembaruan sistem algoritma agar postingan terbaru muncul lebih dulu pada feed (linimasa) Instagram. Update ini tidaklah sepenuhnya baru, karena dulu Instagram menggunakan sistem kronologi di linimasa, sebelum mengandalkan algoritma.

Menurut Instagram, tujuan pembaruan ini adalah untuk membuat linimasa Instagram lebih segar, dengan postingan-postingan baru.

Selain itu, alasan yang melatarbelakangi update ini berasal dari komplain para pengguna Instagram yang kehilangan momen real-time akibat sistem algoritma linimasa yang diterapkan Instagram.

Komplain tersebut berdatangan setelah Instagram melakukan update pada tahun 2016, dengan mengubah kronologi linimasa yang disesuaikan dengan postingan yang dianggap penting bagi pengguna, alih-alih mengurutkan linimasa berdasarkan kronologi waktunya.

Akibatnya, postingan foto atau video terbaru dari teman, bisa jadi baru akan muncul berjam-jam bahkan berhari-hari kemudian.

Baca juga : Instagram Bakal Punya Fitur Regram Insta Stories

Instagram pernah menjanjikan untuk memperbaiki algoritma linimasa Instagram seperti disampaikan pada 2016 lalu melalui akun Twitter resminya. Butuh dua tahun untuk mendatangkan update yang banyak dinanti para pengguna.

Meski sudah diumumkan resmi, belum ada kepastian kapan update urutan algoritma ini mulai diterapkan di seluruh pengguna Instagram.

Selain pembaruan di atas, seperti dirangkum KompasTekno dari Wired, Jumat (23/3/2018), Instagram juga dikabarkan sedang menguji coba menu "New Posts" untuk menyegarkan (refresh) linimasa Instagram secara manual.

Baca juga : Foto di Instagram Stories Bisa Bokeh?

Dengan begitu, Instagram akan berhenti me-refresh secara otomatis. Artinya, postingan penting yang telah lama digulir ke bawah, tidak akan mendadak hilang, akibat refresh otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com