Ketik "BFF" untuk Cek Keamanan di Facebook, Hoaks atau Fakta?

Kompas.com - 24/03/2018, 10:56 WIB
Berita hoax di Facebook. MediumBerita hoax di Facebook.

KOMPAS.com - Belakangan pengguna Facebook berbondong-bondong mengetik kata “BFF” dalam kolom komentar. Ada yang warna tulisannya berubah menjadi hijau, ada pula yang tetap hitam.

Menurut sebuah postingan, mengetik kata “BFF” merupakan cara untuk mengecek keamanan akun Facebook. Postingan itu kemudian menjadi viral dan imbasnya kata “BFF” berserakan di kolom komentar.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, menemukan kata BFF untuk menyakinkan akun ada aman di Facebook,” begitu tertulis pada postingan yang tersebar luas itu.

Ketik BFF di komentar. Jika terlihat hijau, akun Anda dilindungi. Jika tidak muncul dalam warna hijau, ubah kata sandi Anda segera karena mungkin diretas orang. #copied,” begitu penjelasan dari postingan tersebut.

Mulanya postingan itu dalam bahasa Inggris, lantas kemudian banyak yang menerjemahkan ke Bahasa Indonesia. Penyebarannya di tanah air pun terbilang masif, dengan ditemukan banyak akun lokal yang mengetik kata “BFF”.

Padahal, postingan itu adalah berita palsu alias hoaks. Kata “BFF” bisa berubah warna karena fitur Facebook bernama “Text Delight”, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (24/3/2018), dari akun CkJustin di Medium.

Fitur itu memungkinkan kata-kata tertentu muncul di Facebook dalam warna berbeda. Beberapa bahkan diikuti animasi tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain “BFF”, ada kata-kata kunci lain yang dispesialkan pada fitur “Text Delight”. Di antaranya “best wishes”, “you got this”, “rad”, “congratulations”, “xoxo”.

Bukan cuma warna hijau, kata-kata kunci tersebut punya efek warna beda-beda. Ada merah muda, ungu, kuning, dan sebagainya.

Lantas, mengapa ada pengguna yang ketika mengetik “BFF” berubah menjadi hijau, ada juga yang tetap hitam? Ini cuma perkara pemutakhiran layanan, tak ada hubungannya dengan keamanan akun.

Jika Anda sudah memperbarui aplikasi Facebook atau peramban, kemungkinan besar Text Delight sudah bisa dijajal. Jika belum, fitur kata warna-warni itu tak bisa dinikmati. (Baca juga : Status Facebook Bisa Ditambahi Warna ?Background?, Begini Caranya)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Medium
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.