Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Besar Layar Ponsel, Makin Lama Pengguna Tatap Layar

Kompas.com - 25/03/2018, 19:11 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Slashgear


KOMPAS.com - Sebuah lembaga riset melakukan penelitian kepada para pengguna smartphone. Dari hasil riset ini terlihat bahwa pengguna smartphone ternyata memiliki kecenderungan lebih betah berlama-lama melihat ponsel berlayar besar.

Penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset AppOptix ini dilakukan sepanjang 2017 dan melibatkan sekitar 4.000 pengguna ponsel pintar. Studi ini kemudian membagi jenis-jenis ponsel menjadi empat kategori berdasarkan ukuran layarnya.

Kategori pertama adalah ponsel dengan ukuran layar kurang dari 4,6 inci. Kategori kedua adalah ponsel berlayar antara 4,5 sampai 5 inci. Kategori ketiga adalah ponsel berlayar antara 5 inci sampai 5,5 inci, dan terakhir adalah kategori ponsel di atas 5,5 inci.

Dalam riset ini ada tiga atribut penting yang diuji, yakni angka penggunaan harian (daily session), jumlah menit per hari, serta jumlah data yang digunakan setiap hari. Dari hasil survei yang didapatkan, terlihat bahwa semakin besar ukuran layar, semakin besar pula jumlah konsumsi pada atribut-atribut yang diuji.

Hasil riset lembaga survei AppOptix menunjukkan bahwa pengguna lebih betah dengan ponsel berlayar besarAppOptix/Slashgear.com Hasil riset lembaga survei AppOptix menunjukkan bahwa pengguna lebih betah dengan ponsel berlayar besar

Dikutip KompasTekno dari Slahsgear, Minggu (25/3/2018) riset ini juga menunjukkan bahwa para pengguna lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi dan berkomunikasi melalui perangkatnya. Kemudian disusul untuk bermain video games dan internetan.

Pada tahun 2018, diprediksi tingkat konsumsi serta penggunaan ponsel pintar berlayar besar akan terus meningkat. Bahkan penelitian ini sejatinya dapat menjadi acuan bagi para produsen smartphone untuk mempertimbangkan ukuran layar ponsel yang akan mereka buat.

Sejauh ini, ukuran layar ponsel pintar memang semakin "membesar" dari tahun ke tahun. Sejak ponsel Android pertama diluncurkan dengan ukuran layar sekitar 3,2 inci, ada sebuah tren di mana setiap tahun ukuran layar ini terus berkembang.

Jika dikalkulasikan, ukuran layar smartphone rata-rata telah meningkat dari 3,2 ke 5,5 inci. Bahkan sejak 2017 pabrikan ponsel pintar mulai mengadopsi layar dengan aspek rasio 18:9 yang lebih panjang.

Dari fenomena ini, bukan tidak mungkin pada 2018 produsen smartphone akan lebih fokus mengembangkan ponsel dengan ukuran layar besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Slashgear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com