Kantor Facebook Diprediksi Tenggelam Pada 2100

Kompas.com - 26/03/2018, 06:51 WIB
Kantor Facebook kini dan ramalan nanti. BusinessInsiderKantor Facebook kini dan ramalan nanti.

KOMPAS.com - Perubahan iklim membuat suhu laut meningkat dan lapisan es mencair. Alhasil, terjadi kenaikan permukaan laut yang konsisten dari tahun ke tahun.

Jika begini terus, daratan tempat kita berpijak saat ini bakal digenangi air di masa depan. Daerah pesisir seperti Bay Area, San Fancisco, Amerika Serikat, diprediksi bakal mendapat imbas paling masif.

Di luar fenomena kenaikan permukaan laut, San Francisco perlahan-lahan tenggelam pada tingkat maksimal 10 milimeter per tahun. Ini gara-gara proses subsiden, yakni pergerakan permukaan tanah ke bawah akibat beberapa faktor, semisal ekstraksi migas, penambangan mineral, kelarutan batu kapur, dll.

San Francisco sendiri dikenal sebagai kota perkembangan teknologi, di mana kawasan khusus Silicon Valley menjadi pusatnya. Lantas, bagaimana nasib para kantor pusat teknologi besar di masa mendatang?

Grup peneliti “Climate Central” mengilustrasikan skenario kenaikan permukaan laut yang diproyeksikan dari laporan National Oceanic and Atmospheric Agency (NOAA).

Baca juga : Christopher Wylie, Mahasiswa Pengungkap Kebocoran Data Pengguna Facebook

Kantor Pusat Facebook dan Yahoo diprediksi akan tenggelam pada 2100 mendatang, jika dilihat dari skenario terburuk. Sementara itu kantor Spotify akan digenangi air, lantas kantor LinkedIn dan eBay bakal punya beach-view, karena area depan mereka diestimasi tergenang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu saja 83 tahun dari sekarang beberapa perusahaan sudah pindah kantor. Tak menutup kemungkinan Facebook, Yahoo, dan Spotify, hengkang ke area lain atau bahkan kota lain yang lebih aman.

Lebih jelas, berikut gambaran-gambaran skenario terburuk yang terjadi pada kantor-kantor perusahaan teknologi kawakan di masa depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (26/3/2018), dari BusinessInsider.

Kantor Facebook saat ini.Climate Central Kantor Facebook saat ini.

Prediksi Kantor Facebook pada 2100.Climate Central Prediksi Kantor Facebook pada 2100.

Kantor Yahoo saat ini. Climate Central Kantor Yahoo saat ini.

Kondisi Kantor Yahoo pada 2100 mendatang.Climate Central Kondisi Kantor Yahoo pada 2100 mendatang.

Kantor eBay saat ini.Climate Central Kantor eBay saat ini.

Kantor eBay diprediksi pada 2100 mendatang.Climate Central Kantor eBay diprediksi pada 2100 mendatang.

Kantor Apple diprediksi akan terus kering hingga 2100.Climate Central Kantor Apple diprediksi akan terus kering hingga 2100.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.