Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Facebook Diprediksi Tenggelam Pada 2100

Kompas.com - 26/03/2018, 06:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perubahan iklim membuat suhu laut meningkat dan lapisan es mencair. Alhasil, terjadi kenaikan permukaan laut yang konsisten dari tahun ke tahun.

Jika begini terus, daratan tempat kita berpijak saat ini bakal digenangi air di masa depan. Daerah pesisir seperti Bay Area, San Fancisco, Amerika Serikat, diprediksi bakal mendapat imbas paling masif.

Di luar fenomena kenaikan permukaan laut, San Francisco perlahan-lahan tenggelam pada tingkat maksimal 10 milimeter per tahun. Ini gara-gara proses subsiden, yakni pergerakan permukaan tanah ke bawah akibat beberapa faktor, semisal ekstraksi migas, penambangan mineral, kelarutan batu kapur, dll.

San Francisco sendiri dikenal sebagai kota perkembangan teknologi, di mana kawasan khusus Silicon Valley menjadi pusatnya. Lantas, bagaimana nasib para kantor pusat teknologi besar di masa mendatang?

Grup peneliti “Climate Central” mengilustrasikan skenario kenaikan permukaan laut yang diproyeksikan dari laporan National Oceanic and Atmospheric Agency (NOAA).

Baca juga : Christopher Wylie, Mahasiswa Pengungkap Kebocoran Data Pengguna Facebook

Kantor Pusat Facebook dan Yahoo diprediksi akan tenggelam pada 2100 mendatang, jika dilihat dari skenario terburuk. Sementara itu kantor Spotify akan digenangi air, lantas kantor LinkedIn dan eBay bakal punya beach-view, karena area depan mereka diestimasi tergenang.

Tentu saja 83 tahun dari sekarang beberapa perusahaan sudah pindah kantor. Tak menutup kemungkinan Facebook, Yahoo, dan Spotify, hengkang ke area lain atau bahkan kota lain yang lebih aman.

Lebih jelas, berikut gambaran-gambaran skenario terburuk yang terjadi pada kantor-kantor perusahaan teknologi kawakan di masa depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (26/3/2018), dari BusinessInsider.

Kantor Facebook saat ini.Climate Central Kantor Facebook saat ini.

Prediksi Kantor Facebook pada 2100.Climate Central Prediksi Kantor Facebook pada 2100.

Kantor Yahoo saat ini. Climate Central Kantor Yahoo saat ini.

Kondisi Kantor Yahoo pada 2100 mendatang.Climate Central Kondisi Kantor Yahoo pada 2100 mendatang.

Kantor eBay saat ini.Climate Central Kantor eBay saat ini.

Kantor eBay diprediksi pada 2100 mendatang.Climate Central Kantor eBay diprediksi pada 2100 mendatang.

Kantor Apple diprediksi akan terus kering hingga 2100.Climate Central Kantor Apple diprediksi akan terus kering hingga 2100.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com