Kominfo Usut Dugaan Kecurangan TKDN Smartphone Infinix Zero 5

Kompas.com - 26/03/2018, 16:10 WIB
Bodi Infinix S2 Pro terbuat dari bahan logam dan plastik di bagian tertentu Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comBodi Infinix S2 Pro terbuat dari bahan logam dan plastik di bagian tertentu

JAKARTA, KOMPAS.com - Inifinix Zero 5 dirilis di Indonesia pada Januari 2018 lalu. Smartphone 4G tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Adapun skema pemenuhan TKDN-nya melalui jalur hardware, di mana Infinix Zero 5 yang dipasarkan di Indonesia harus dirakit di dalam negeri. Kendati begitu, ada dugaan terjadi kecurangan dalam proses distribusinya.

Infinix Zero 5 “made in China” dengan kartu garansi Indonesia tersedia di toko online Lazada dan bisa dibeli masyarakat Tanah Air. Hal ini pertama kali diungkap pengamat gadget, Herry SW, lewat akun Twitter pribadinya.

Baca juga : Zero 5 Sudah Lolos TKDN tapi Masih Made in China, Infinix?

Menanggapi hal ini, Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Mochamad Hadiyana, mengatakan pihaknya bakal segera menghubungi pihak Infinix di Indonesia.

“Kami akan memeriksa apakah produk yang dijual online tersebut adalah produk mereka atau bukan,” kata dia pada KompasTekno, Senin (26/3/2018).

“Jika ternyata produk tersebut berasal dari luar (yang tidak memiliki sertifikat TKDN), maka Direktorat Pengendalian Ditjen SDPPI akan mendatangi online shop yang bersangkutan untuk melakukan pembinaan, meminta mereka me-reekspor produk tersebut,” ia menjelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mochamad Hadiyana mengatakan akan mengambil tindakan tegas atas pelanggaran seperti ini. Pabrikan atau pemasok perangkat 4G yang mencurangi aturan TKDN bisa dibawa ke ranah hukum, dengan merujuk ke UU 36 Tahun 1999 Pasal 32.

Ia belum bisa menjabarkan secara lebih detil hukumannya bakal seperti apa. Pasalnya, belum diusut proses dan pihak mana yang melanggar aturan TKDN untuk pemasaran Infinix Zero 5 via toko online Lazada.

“Pihak yang melanggar telah merugikan pemasok lainnya karena sudah susah payah memenuhi ketentuan TKDN dengan cara membuat produk di Indonesia,” imbuhnya.

Country Manager Assistant Infinix Indonesia, Agus Supangat, mengatakan pihaknya tengah melakukan investigasi atas insiden ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.