Oppo A1 Meluncur, Bisa Jepret Foto 50 Megapiksel

Kompas.com - 26/03/2018, 18:17 WIB
Oppo A1Gizmo China Oppo A1

KOMPAS.com - Setelah merilis duet Oppo R15 dan R15 Dream Mirror Edition, diam-diam Oppo juga mengumumkan perangkat baru seri A, yakni Oppo A1 untuk pasar China.

Dari namanya mirip produk Xiaomi, yaitu Mi A1 yang memiliki kamera ganda di bagian belakang dan dibanderol cukup murah, kisaran Rp 3 juta. (Baca juga : Membandingkan Spesifikasi Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus)

Bagaimana dengan Oppo A1, apakah spesifikasi lebih tinggi dan harganya bisa bersaing dengan Xiaomi Mi A1?

Oppo A1 mengandalkan kamera belakang yang mampu menghasilkan foto 50 megapiksel. Kamera belakang Oppo A1 sebenarnya mengusung sensor 13 megapiksel, namun hasil foto bisa diperbesar setara 50 megapiksel berkat software interpolasi.

Teknik interpolasi adalah teknik meningkatkan resolusi, dengan memanipulasi (meniru) piksel. Software mengenali warna piksel sekitar, lalu mengisi piksel kosong yang ada di dekatnya.

Dengan cara ini, foto asli resolusi 13 megapiksel bisa didongkrak menjadi layaknya foto resolusi 50 megapiksel.

Baca juga: Oppo R15 Resmi Berponi ala iPhone X, Harga Rp 6 Jutaan

Kamera depan Oppo A1 sendiri dilengkapi sensor 8 megapiksel. Secara keseluruhan, desain Oppo A1 cukup sederhana dengan layar lengkung 2,5D yang membulat di sudutnya. Pada bagian punggung, terdapat kamera tunggal dengan LED flash.

Bagian punggung Oppo A1, di mana varian warna putih memiliki pantulan cahaya di bagian punggungnya.Gizmo China Bagian punggung Oppo A1, di mana varian warna putih memiliki pantulan cahaya di bagian punggungnya.
Khusus perangkat berkelir putih, desainnya tampak lebih elegan dibanding warna merah atau biru. Jika dilihat dari gambar, punggungnya memantulkan cahaya, yang mengindikasikan jika bagian punggung terlapisi material kaca.

Menurut lansiran Gizmo China yang dirangkum KompasTekno, Senin (26/3/2018), Oppo A1 mengusung layar dengan bentang 5,7 inci dengan rasio kekinian 18:9.

Spesifikasi hardware yang sudah terungkap adalah RAM 4 GB, penyimpanan internal 64 GB, serta baterai berkapasitas 3.180 mAh. Belum diketahui jenis chipset yang dipakai Oppo A1. Namun jika melihat seri A terakhir, yakni Oppo A83, "otaknya" menandalkan chipset MediaTek MT6763T Helio P23.

Dari foto yang beredar, ada tiga varian warna Oppo A1 yang dirilis, yakni dark blue (biru), cherry red (merah), dan putih.

Seperti seri Oppo A83 pula, pemindai sidik jari di Oppo A1 turut absen, dan digantikan oleh fitur face unlock. Oppo A1 kabarnya akan dibanderol harga 1.399 yuan (sekitar Rp 3 jutaan) dan segera dipasarkan mulai 1 April di pasaran China.

Baca juga: Hanya Dibekali Pemindai Wajah, Amankah Oppo A83?

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X