Dongkrak Pengguna, T-Cash Rangkul Pedagang Kecil di Pasar

Kompas.com - 27/03/2018, 14:09 WIB
Telkomsel Tcash. Reska Koko/Kompas.comTelkomsel Tcash.

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan uang elektronik milik Telkomsel, T-Cash semakin getol mendorong penggunaan uang elektronik di masyarakat. Kali ini para pedagang di pasar tradisional pun menjadi target untuk mendongkrak angka pengguna aktif.

T-Cash yang diluncurkan sejak 2010 lalu sampai sekarang diklaim memiliki mitra sebanyak lebih dari 5.000-an merchant. Jumlah ini termasuk para pedagang lokal yang ada di pasar tradisional. Menurut CEO T-Cash, Danu Wicaksana, angka ini akan terus didongkrak seiring dengan jumlah pengguna aktif.

"Target kami dongkrak angka pengguna sampai sekitar 80 juta atau 100 juta. Kami akan masuk ke pengguna yang lebih bawah, seperti tukang daging di pasar tradisonal," ujar Danu kepada KompasTekno dalam acara peluncuran T-Cash Wallet di The Energy Building, Selasa (27/3/2018).

CEO T-Cash, Danu Wicaksana dalam acara peluncuran TCash Wallet di Jakarta, Selasa (27/3/2018).KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo CEO T-Cash, Danu Wicaksana dalam acara peluncuran TCash Wallet di Jakarta, Selasa (27/3/2018).
Untuk diketahui, hingga Maret 2018 lalu, jumlah pengguna T-Cash diklaim telah mencapai 20 juta di 34 provinsi di Indonesia.

Danu melanjutkan, sampai saat ini pihak T-Cash sendiri sudah menggandeng Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk penyebarluaskan penggunaan uang non-tunai. Sampai sekarang, ada beberapa pasar tradisional yang menjadi target pengembangan.

"Di Bintaro sudah ada 100-an pedagang. Sedangkan di pasar Mayestik ada sekitar 200 pedagang. Angka ini akan kita coba dongkrak lagi dengan digitalisasi pasar, bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta," kata Danu.

Kendati demikian, Danu menekankan bahwa rencana ini tidak akan dengan mudah terealisasi dalam waktu yang dekat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu waktu untuk mensinergikan semua pihak termasuk mengedukasi para pedagang soal gerakan non-tunai ini.

T-Cash sendiri adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel yang dirilis sejak 2010 lalu. Pada 2014, layanan ini diperbarui dengan dukungan teknologi Near Field Communication atau NFC.

Baca juga: Apa Itu T-Cash dan Cara Menggunakannya

Soal perizinan, layanan uang elektronik ini sudah mendapat restu dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, T-Cash dapat digunakan untuk berbagai transaksi, seperti belanja, pembayaran, isi pulsa hingga pengiriman uang.

T-Cash juga merupakan upaya Telkomsel untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan pemerintah.

Aplikasi T-Cash Wallet ini diharapakan akan dapat menguatkan strategi bisnis T-Cash melalui pengembangan ekosistem keuangan digital.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.