Sore Ini, BRTI Panggil Indosat soal Prime yang Potong Pulsa Pelanggan

Kompas.com - 27/03/2018, 14:25 WIB
KompasTekno menemukan sebuah kartu SIM dari Indosaat Ooredoo dalam kemasan Redmi 5A. Indosat memang menjadi rekanan operator seluler Xiaomi dalam pemasaran Redmi 5A. Oik Yusuf/ KOMPAS.comKompasTekno menemukan sebuah kartu SIM dari Indosaat Ooredoo dalam kemasan Redmi 5A. Indosat memang menjadi rekanan operator seluler Xiaomi dalam pemasaran Redmi 5A.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo menerima keluhan bertubi-tubi dari pelanggan sejak beberapa hari terakhir. Keluhan itu menyusul kehadiran layanan "Indosat Prime" yang dinilai merugikan karena memotong pulsa tanpa sepengetahuan pengguna.

Kontroversi Indosat Prime pun sampai ke telinga pemerintah. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bakal memanggil Indosat Ooredoo untuk meminta keterangan lebih lanjut.

“Nanti jam 15.00 WIB kami undang Indosat untuk klarifikasi,” ujar Komisioner BRTI, I Ketut Prihadi Kresna pada KompasTekno, Selasa (27/3/2018), via pesan singkat.

Belum dijabarkan lebih dalam bagaimana penindakan ke Indosat Ooredoo jika memang dinilai merugikan pelanggan secara masif.

“Tunggu saja nanti update-nya,” ujarnya.

Perlu diketahui, Indosat Prime adalah skema ketentuan tarif baru dari IM3 Ooredoo untuk nomor terpilih. Pemilihan nomor ini berdasarkan kriteria dari Indosat itu sendiri tanpa diketahui pengguna.

Karena itulah cukup banyak laporan pengguna yang merasa tidak pernah ikut layanan Prime, tetapi pulsanya terpotong. Adapun nominal potongannya berkisar Rp 999 hingga Rp 2.999 per bulan.

Pulsa tersebut digunakan sebagai kompensasi untuk menikmati beberapa keuntungan seperti gratis telepon, gratis voucher, dan promo paket data.

Mulanya pelanggan seakan dipaksa berlangganan, karena tak ada fitur untuk menon-aktifkan (unreg) lndosat Prime. Setelah diprotes, Indosat Ooredoo akhirnya membuka akses untuk "unreg". (Baca juga : Pelanggan Indosat Prime Kini Bisa Unreg, Begini Caranya)

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pelanggan kami dan seluruh pihak yang telah memberikan masukan kepada kami. Indosat Ooredoo akan terus dan senantiasa berusaha untuk melayani dan memberikan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan," kata Head of Corporate Communications Group Indosat Ooredoo, Deva Rachman.

Baca juga : Indosat Janji Kembalikan Pulsa Terpotong Layanan Prime

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.