Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

T-Cash Dibuka bagi Operator Lain dalam Hitungan Minggu

Kompas.com - 27/03/2018, 14:46 WIB
Yudha Pratomo,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - T-Cash adalah layanan uang digital yang dimiliki dan dikembangkan oleh Telkomsel. Tapi hanya tinggal tunggu waktu saja layanan ini akan bisa digunakan oleh operator seluler lain.

Cita-cita ini adalah salah satu ambisi T-Cash untuk menjadi layanan pembayaran digital nomor satu di Indonesia. Menurut CEO T-Cash, Danu Wicaksana, ini juga merupakan salah satu strategi untuk menghadapi gencarnya persaingan di industri fintech.

"Sekarang memang masih hanya Telkomsel, tapi sekarang sedang menunggu proses untuk membuka T-Cash buat semua operator," kata Danu dalam peluncuran aplikasi T-Cash Wallet di The Energy Building, Selasa (27/3/2018).

Baca juga: Maret 2018, T-Cash Bisa Dipakai Pengguna Selain Telkomsel

Ia menjanjikan dalam beberapa minggu ke depan layanan ini akan segera terealisasi. Pasalnya pihak T-Cash sendiri hanya tinggal menunggu persetujuan dari Bank Indonesia.

"Sistem sudah siap, izin juga sudah kami ajukan. Tinggal menunggu izin dari BI untuk "memerdekakan" T-Cash," kata Danu.

Ia juga mengatakan proses pembicaraan dengan operator seluler lain pun sudah dilakukan. Sebagaimana diketahui operator lain pun punya layanan serupa, semisal XL dengan "XL Tunai" dan Indosat dengan "Paypro".

Namun menurutnya, layanan-layanan ini bukan dianggap sebagai pesaing, melainkan sebagai gerakan bersama untuk mendukung target pemerintah meningkatkan angka penggunaan non-tunai.

"Sampai sekarang kan masih sekitar 85 persen pembayaran menggunakan uang. Artinya hanya 15 persen yang menggunakan non-tunai. Tapi pemerintah menargetkan tahun depan angka ini bertambah. Makanya kami dorong juga penggunaan T-Cash ini," ujar Danu kepada KompasTekno.

Baca juga: Indosat Sambut Positif Sikap Agnostik T-Cash

Dalam prosesnya, Danu mengatakan untuk mendongkrak jumlah pengguna aktif T-Cash akan bersinergi dengan merchant baik lokal maupun non-lokal. T-Cash juga akan diperkenalkan pada para pedagang tradisional.

T-Cash sendiri adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel yang dirilis sejak 2010 lalu. Pada tahun 2014, layanan ini diperbarui dengan dukungan teknologi Near Field Communication atau NFC.

Soal perizinan, layanan uang elektronik ini sudah mendapat restu dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, T-Cash dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti belanja, pembayaran, isi pulsa hingga pengiriman uang.

T-Cash juga merupakan upaya Telkomsel untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com