Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Luncurkan iPad 9,7 Inci Seharga Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 28/03/2018, 13:20 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan iPad yang ditargetkan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Banderol yang ditawarkan mulai dari 329 dollar AS (sekitar Rp 4,5 juta), dan untuk siswa sekolah dibanderol 229 dollar AS (sekitar Rp 4,1 juta).

Tablet ini diprediksi akan mengancam dominasi Chromebook besutan Google, yang juga menarget segmen sekolahan. Bisa dibilang, iPad baru ini merupakan penyegaran iPad model 9,7 inci, dengan tambahan Apple Pencil.

Apple Pencil dijual terpisah dengan harga 99 dollar AS (sekitar Rp 1,3 juta), dan diskon untuk pelajar dengan harga 89 dollar AS (sekitar Rp 1,2 juta). Layarnya dilengkapi dengan Retina Display, yang diklaim mampu mengurangi ketegangan pada mata.

iPad generasi baru ini ditenagai oleh chip A10 Fusion dengan penyimpanan internal 32 GB.  Dengan percaya diri, Apple menyebut jika chipset yang terpasang di iPad baru ini lebih garang dibanding chipset yang dipasang di semua Chromebook, meskipun merupakan chipset lawas. Untuk diketahui, A10 Fusion merupakan "otak" dari iPhone 7.

Baca juga: iPad X dan iPhone SE 2 Meluncur Juni 2018?

Apple menjanjikan bagi pengguna baru iPad, jika CPU tablet mereka akan 40 persen lebih cepat, pun halnya di sektor grafis yang diklaim 50 persen lebih unggul. Daya tahan baterai diklaim akan bertahan hingga 10 jam.

Ada pula model dengan koneksi 4G LTE, dibanderol dengan harga lebih tinggi, yakni 459 dollar AS (sekitar Rp 6,3 juta). Model ini telah dilengkapi Apple SIM, yang mengizinkan koneksivitas ke beberapa jaringan tanpa butuh kartu SIM fisik, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Next Web, Rabu (28/3/2018).

Apple juga mengumumkan versi baru aplikasi Pages, Numbers, dan Keynote yang didukung Apple Pencil. Aplikasi tersebut akan hadir dengan fitur editing, seperti 'Smart Annotation', yang bisa dimanfaatkan guru-guru untuk menambahkan catatan ke tugas essai secara langsung. iCloud pun di-upgrade dari 5 GB ke 200 GB, untuk para siswa.

Jika dihitung-hitung, para siswa masih harus mengeluarkan uang cukup banyak jika menggunakan iPad baru ini. Karena dengan 329 dollar AS, mereka hanya mendapatkan tablet, belum aksesoris lain, seperti Apple Pencil, kabel HDMI dan sebagainya.

Baca juga: Sebuah Tautan Bisa Bikin iPhone dan iPad Langsung Hang

Sementara para siswa sudah bisa membawa pulang Chromebook, dengan harga kurang dari 200 dollar AS (sekitar Rp 2,7 juta), yang perangkatnya diklaim lebih praktis digunakan, meskipun tidak secanggih iPad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com