Soal Infinix "Made In China", Kominfo Panggil Lazada Pekan Ini

Kompas.com - 28/03/2018, 16:12 WIB
Kamera utama Infinix S2 Pro memiliki ketajaman 13 megapiksel dan sebuah LED Flash. Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comKamera utama Infinix S2 Pro memiliki ketajaman 13 megapiksel dan sebuah LED Flash.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal memanggil perwakilan toko online Lazada pada pekan ini, terkait dugaan kecurangan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk smartphone 4G Infinix Zero 5.

“Sedang kami hubungi (pihak Lazada). Semoga minggu ini kami bisa bertemu,” kata Plt. Direktur Pengendalian Ditjen SDPPI Kominfo, Nurhaeda, kepada KompasTekno, Rabu (28/3/2018).

Nurhaeda mengatakan, pihaknya ingin mengklarifikasi beberapa hal ke Lazada. Salah satunya terkait pemasok yang mendistribusikan Infinix Zero 5 “Made in China” dengan kartu garansi Indonesia.

“Tidak tertutup hanya Lazada saja. Buat toko online lain juga akan kami klarifikasi,” ujarnya.

Baca juga: Kominfo Usut Dugaan Kecurangan TKDN Smartphone Infinix Zero 5

Infinix Zero 5 diklaim telah mengantongi sertifikasi TKDN 30 persen, dengan skema hardware pada Januari 2018. Artinya, pemasaran smartphone 4G tersebut untuk masyarakat Tanah Air harus dirakit di dalam negeri, dan menggunakan label "Made in Indonesia".

Akan tetapi, Infinix Zero 5 “Made in China” dengan kartu garansi Indonesia malah ditemukan di situs jual beli online Lazada. (Baca: Zero 5 Sudah Lulus TKDN tapi Masih Made in China, Infinix? )

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi polemik ini, Country Manager Assistant Infinix Indonesia, Agus Supangat mengatakan pihaknya tengah melakukan investigasi ke para distributor.

“Kami masih berkoordinasi dengan distributor kami untuk menyelesaikan masalah ini sebagai langkah untuk memastikan bahwa semua produk di pasar berasal dari sumber lokal," ia menuturkan.

Sanksi bagi pelaku pelanggaran TKDN

Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Mochamad Hadiyana, mengatakan pemerintah bakal mengusut dan mengambil tindakan tegas ke pelaku pelanggaran TKDN Infinix Zero 5.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.