Kompas.com - 30/03/2018, 09:07 WIB
Siswa-siswi di sekolah pelosok mendapat akses internet dari tri. Dok. Hutchison Tri IndonesiaSiswa-siswi di sekolah pelosok mendapat akses internet dari tri.

KOMPAS.com - Operator seluler Tri (3) berusaha mendengar sekaligus menginspirasi anak muda Indonesia, terutama mereka yang berada di daerah terpencil, untuk memanfaatkan internet sebagai media menyalurkan bakat.

Hal ini diwujudkan melalui aksi Internet Pustaka Dunia, dengan memberikan akses internet mobile kepada para guru di 150 sekolah di daerah rural di Indonesia. Diharapkan para guru mendapatkan kemudahan dalam mengakses referensi dan pustaka dunia, sehingga nantinya dapat mereka tularkan kepada para murid.

"Kekuatan internet dapat dimanfaatkan oleh para guru untuk memperkaya referensi dan menularkan inspirasi bagi para siswa," ujar Doly Susanto, Chief Commercial Officer Tri dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (30/3/2018).

Aksi Internet Pustaka Dunia telah dimulai sejak 13 Maret 2018, diawali di SMPN Tanjung Kramat Sambas, Kalimantan Barat, lalu lanjut ke Pelabuhan Ratu Jawa Barat, Pidi DI Aceh, Tondano Sulawesi Utara, Pandeglang Banten, Nguling Jawa Timur, Bone Sulawesi Selatan, dan seterusnya, hingga mencapai 150 sekolah pada bulan Mei 2018 nanti.

Baca juga: Cara Registrasi dan Daftar Ulang Kartu Prabayar Tri

Seremoni penyerahan disertai dengan sesi berbagi pengetahun tentang pemanfaatan internet bagi siswa dan guru.

Seluruh 150 sekolah yang menjadi bidikan program ini adalah sekolah jenjang SMP dan SMA di Pidie, Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Bengkulu, Jambi, Lampung, Singkawang, Martapura, Tenggarong, Palangkaraya, Bone, Palopo, dan Tondano.

Kemudian ada Pandeglang, Bogor, Pelabuhan Ratu, Tasikmalaya, Klaten, Brebes, Boyolali, Purwodadi, Pati, Kendal, Rembang, Tegal, Sragen, Pati, hingga di wilayah timur yaitu Tuban, Jombang, Gresik, Bali dan Lombok.

Setiap sekolah mendapatkan perangkat mobile wifi dan paket internet lengkap dari Tri.

“Kami berharap akan lebih banyak lagi pihak yang tergerak dan terlibat untuk turut mendukung ambisi anak muda Indonesia melalui internet,” ujar Dolly,

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.