Ini Harga dan Spesifikasi Vivo V9 - Kompas.com

Ini Harga dan Spesifikasi Vivo V9

Kompas.com - 31/03/2018, 13:31 WIB
Poni atau Notch Vivo V9 sebagai rumah earpiece dan sensor kamera depan 24 megapikselWahyunanda Kusuma Pertiwi/Kompas.com Poni atau Notch Vivo V9 sebagai rumah earpiece dan sensor kamera depan 24 megapiksel

KOMPAS.com - Smartphone anyar Vivo V9, resmi diluncurkan dalam sebuah acara yang digelar di arena pelataran candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (29/3/2018). Beberapa peningkatan diusung dari seri pendahulunya, Vivo V7 dan Vivo V7 Plus.

Perbedaan paling kentara, ada di sisi desain yang kekinian. Layar berukuran 6,3 inci-nya menyisakan secuil takik yang menjorok di atas layar, mirip dengan "poni" atau notch yang juga hadir di beberapa smartphone merek lain saat ini.

Notch tersebut digunakan sebagai rumah earpiece dan sensor kamera depan 24 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Besaran resolusi kamera ini sejatinya sama dengan seri sebelumya. Hanya saja, kali ini telah dilengkapi teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan/AI), dalam fitur AI beauty.

Fitur ini bisa mengidentifikasi usia, jenis kelamin, warna kulit, tekstur dan kondisi cahaya sekitar, sehingga disebut bisa menghasikan foto selfie yang natural dan jelas meskipun dalam kondisi low-light, dengan pengaturan pencahayaan pada wajah.

Baca juga : Vivo V9 Resmi di Borobudur, Berkamera Ganda Banderol Rp 4 Juta

Kamera depan juga menghadirkan fitur AR sticker, yang mengandalkan augmented reality untuk menambahkan animasi yang menarik saat selfie. Di bodi belakang yang terbuat dari plastik, tersemat dual-camera dengan sensor kamera utama 13 megapiksel dan kamera sekunder 2 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Layaknya kamera depan, kamera belakang juga memanfaatkan AI-bokeh, yang diklaim mampu meghasilkan foto bokeh ala kamera DSLR. AI-bokeh memanfaatkan algoritma machine learning, untuk mencapai tingkat presisi yang tinggi dalam mengidentifikasi objek foto, serta fokus di setiap jepretan.

Di bawah kamera ganda, terdapat fingerprint scanner (pemindai sidik jari) yang membulat di tengah. Selain dengan pemindai sidik jari, bukaan kunci layar pun bisa dilakukan melalui fitur face unlock, atau pattern.

Bodi belakang vivo V9 yang berbahan plastik. tersemat dual-camera yang tersusun vertikal dengan LED flash di bawah, serta pemindai sidik jariWahyunanda Kusuma Pertiwi/Kompas.com Bodi belakang vivo V9 yang berbahan plastik. tersemat dual-camera yang tersusun vertikal dengan LED flash di bawah, serta pemindai sidik jari
Sayangnya, peningkatan ini tidak dibarengi dengan upgrade "otak" Vivo V9 dengan prosesor yang lebih garang dibanding sebelumnya.

Memang, di beberapa negara, Vivo V9 mengandalkan prosesor Qualcomm, Snapdragon 626, namun di Indonesia masih mengandalkan Snapdragon 450, yang mana umum digunakan ponsel papan tengah. Dipadankan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB yang bisa ditambah hingga 256 GB dengan  memory eksternal.

Meski begitu, Vivo V9 telah dijalankan dengan sistem operasi (OS) terbaru Android Oreo. Sistem operasi ini berjalan dengan antarmuka Funtouch OS 4.0 pabrikan Vivo sendiri.

Untuk saat ini, ada dua varian warna yang ditelurkan, yakni gold black (hitam) dan gold. Namun, Vivo juga memberikan petunjuk, jika akan hadir satu varian warna lain yakni cool blue (biru) yang akan dijual terbatas. Sayangnya, Vivo masih merahasiakan kapan peluncuran varian terakhir tersebut.

Vivo V9 bisa dipesan mulai 29 Maret 2018 di toko online resmi Vivo Indonesia yakni, Lazada.id, JD.id, Shopee, AkuLaku.com, dan Dinomarket. Di Indonesia, harga Vivo V9 dipatok dengan banderol Rp 4 juta.

Spesifikasi lengkap Vivo V9 Bisa dilihat di bawah ini.

Spesifikasi Vivo V9

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core

RAM/Internal

4 GB/64 GB (ekstensi 256 GB)

Baterai

3260 mAh

Warna

Black in gold (Hitam), Gold

Sistem Operasi

Funtouch OS 4.0 (Android 8.1)

Dimensi

154,81 x 75,03 x 7,89 mm

Berat

150 gram

Layar

6,3 inci, resolusi 1.080 x 2.280

Tipe

IPS Capasitive Touch Screen/ Incell

Taouchscreen

2.5 D

Slot Kartu

2 Nano SIM dan 1 microSD

Tipe

Dual SIM Dual Standby

Kamera depan

AI selfie  24 MP (bukaan f/2.0)

Kamera belakang

Kamera utama 13 MP
Kamera sekunder 2 MP, bukaan f/2.0
LED flash
AI-bokeh

Mode kamera

Ultra HD, PPT, Profesional, Slow Motion, Time-Lapse Photography, Camera Filter, Live, AI Bokeh, AI HDR, AI Face Beauty, panorama, Palm Capture, Gender Detection, Screen Flash, AR Sticker, AI Scene Recognation.

Konektivitas

Micro-USB 2.0, Wi-Fi, Bluetooth 4.2, GOS, OTG, FM

Sensor

Accelerometer, Ambient light sensor, Proximity Sensor, E-Compass, Vrtual Gyroscpore

 



Close Ads X