Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima SMS Reset Password Facebook? Awas Upaya Peretasan

Kompas.com - 03/04/2018, 16:03 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Techwelkin

KOMPAS.com - Sebagian pengguna Facebook mungkin pernah mendapat kiriman SMS berisi kode konfirmasi untuk mereset password dari jejaring sosial itu.

Apabila SMS ini datang tiba-tiba tanpa pengguna sendiri yang memintanya, bisa jadi hal tersebut mengindikasikan bahwa ada orang lain yang sedang berusaha masuk ke akun pengguna tanpa izin.

Facebook biasanya hanya akan mengirimkan kode reset password ke nomor ponsel apabila pengguna lupa kata kunci untuk masuk ke akun. SMS akan dikirim ke nomor ponsel yang didaftarkan oleh pengguna ke akunnya.

Dirangkum KompasTekno dari Techwelkin, Selasa (3/4/2018), secara umum ada tiga penyebab pengguna dikirimi SMS oleh Facebook, atau pihak lain yang mengaku sebagai Facebook.

1. Pengguna ingin reset password

Kalau ini kasusnya, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan karena memang pengguna sendiri yang ingin melakukan reset password.

Hal tersebut terjadi apabila pengguna sedang dalam keadaan logged in (sudah masuk) ke akun Facebook, lalu ingin mengganti password tapi lupa kata kunci yang berlaku sekarang (current password).

Baca juga: Begini Cara Cek Telepon dan SMS yang Direkam Facebook

Apabila pengguna memilih opsi “lupa password”, maka Facebook akan mengirimkan kode reset password ke alamat e-mail atau nomor ponsel yang terdaftar.

Kode reset itulah yang kemudian akan dikirim ke ponsel pengguna lewat SMS, untuk kemudian dimasukkan ke kolom kode di situs Facebook.

Apabila pengguna masih ingat current password, maka langkahnya lebih sederhana, cukup dengan memasukkan kata kunci tersebut dan kata kunci baru di kolom yang disediakan. Panduan selangkapnya bisa dilihat di tautan ini.

2. Ada orang lain atau bot yang ingin masuk tanpa izin

Apabila SMS berisi kode dari Facebook datang tanpa diminta melalui langkah reset password di atas, maka waspadalah,  bisa jadi ada orang lain atau bot (program otomatis) yang sedang berusaha membobol masuk ke akun Facebook Anda.

Seperti pada poin pertama di atas, Facebook menyediakan cara untuk reset password dari laman login, sebelum masuk ke akun.

Mekanisme ini sebenarnya dimaksudkan untuk mempermudah pengguna apabila lupa password, tapi rawan disalahgunakan orang lain, karena syaratnya hanya harus tahu alamat e-mail atau nomor ponsel yang terdaftar di akun pengguna Facebook yang disasar.

Orang lain bisa mengirim SMS berisi kode reset ke ponsel pemilik akun Facebook. Syaratnya hanya perlu tahu nomor ponsel yang terdaftar di akun bersangkutan. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Orang lain bisa mengirim SMS berisi kode reset ke ponsel pemilik akun Facebook. Syaratnya hanya perlu tahu nomor ponsel yang terdaftar di akun bersangkutan.

Facebook kemudian akan menampilkan opsi untuk mengirim kode reset password ke alamat e-mail atau nomor ponsel yang bersangkutan, seperti terlihat pada gambar di atas.

Halaman:
Sumber Techwelkin
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com