Terima SMS Reset Password Facebook? Awas Upaya Peretasan

Kompas.com - 03/04/2018, 16:03 WIB
Ilustrasi PIXABAY.comIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Sebagian pengguna Facebook mungkin pernah mendapat kiriman SMS berisi kode konfirmasi untuk mereset password dari jejaring sosial itu.

Apabila SMS ini datang tiba-tiba tanpa pengguna sendiri yang memintanya, bisa jadi hal tersebut mengindikasikan bahwa ada orang lain yang sedang berusaha masuk ke akun pengguna tanpa izin.

Facebook biasanya hanya akan mengirimkan kode reset password ke nomor ponsel apabila pengguna lupa kata kunci untuk masuk ke akun. SMS akan dikirim ke nomor ponsel yang didaftarkan oleh pengguna ke akunnya.

Dirangkum KompasTekno dari Techwelkin, Selasa (3/4/2018), secara umum ada tiga penyebab pengguna dikirimi SMS oleh Facebook, atau pihak lain yang mengaku sebagai Facebook.

1. Pengguna ingin reset password

Kalau ini kasusnya, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan karena memang pengguna sendiri yang ingin melakukan reset password.

Hal tersebut terjadi apabila pengguna sedang dalam keadaan logged in (sudah masuk) ke akun Facebook, lalu ingin mengganti password tapi lupa kata kunci yang berlaku sekarang (current password).

Baca juga: Begini Cara Cek Telepon dan SMS yang Direkam Facebook

Apabila pengguna memilih opsi “lupa password”, maka Facebook akan mengirimkan kode reset password ke alamat e-mail atau nomor ponsel yang terdaftar.

Kode reset itulah yang kemudian akan dikirim ke ponsel pengguna lewat SMS, untuk kemudian dimasukkan ke kolom kode di situs Facebook.

Apabila pengguna masih ingat current password, maka langkahnya lebih sederhana, cukup dengan memasukkan kata kunci tersebut dan kata kunci baru di kolom yang disediakan. Panduan selangkapnya bisa dilihat di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Techwelkin
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X