Tips Datangkan Like di Instagram dengan Foto Liburan

Kompas.com - 04/04/2018, 17:38 WIB
Pemandangan Bukit Merese, Lombok, pukul 18:26 WITA yang diambil menggunakan Samsung Galaxy S9, dengan aperture f/1,5, ISO 50 Wahyunanda Kusuma Pertiwi/Kompas.comPemandangan Bukit Merese, Lombok, pukul 18:26 WITA yang diambil menggunakan Samsung Galaxy S9, dengan aperture f/1,5, ISO 50

KOMPAS.com - Foto travelling atau liburan, banyak membanjiri media sosial, terutama bagi para milenial pengguna Instagram saat ini. Bidikan momen liburan pun dijadikan tolak ukur eksistensi, bahkan personal branding untuk beberapa pengguna Instagram.

Untuk merekam momen liburan, tak melulu menggunakan kamera digital kelas atas, kecanggihan kamera di perangkat mobile saat ini pun, layak untuk bersaing untuk menghasilkan konten menarik di Instagram.

Tapi, bagaimana memaksimalkan penggunaan kamera smartphone untuk menghasilkan foto travelling yang Instagrammable, alias sedap dipandang followers kita?

Traveller sekaligus fotografer, Putri Anindiya berbagi tips sederhana, yang seringkali luput saat menjepret momen liburan. Padahal, cara tersebut bisa dimaksimalkan untuk membuat foto liburan yang epik dan berkarakter.

1. Bersihkan lensa

Sebagian dari fotografer smartphone, abai untuk membersihkan lensa kamera.
Nyatanya, hal ini penting untuk mengurangi "cacat" pada hasil jepretan.

Baca juga: Jangan Malu Memotret Pakai Ponsel Saat Travelling, Ini Triknya!

Lensa pada smartphone bisa dibersihkan dengan kaos berbahan katun, yang sedang dikenakan. Namun, ada baiknya jika membersihkannya menggunakan kain fiber, yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata.

2. Leading lines

Secara sederhana, leading lines merupakan pola, bisa berupa garis-garis yang mengarah ke suatu obyek. Misal, garis-garis bayangan dari tiang-tiang di siang hari, bekas jejak kaki di pasir, pola langit-langit rumah atau motif di lantai.

"Kadang orang gak peka soal garis-garis, padahal dengan adanya garis itu, bisa buat fotonya lebih berkarakter dan kuat ke arah obyeknya", jelas Puan, sapaan akrab Putri.

Ia menambahkan, untuk membuat foto leading lines, harus cukup peka melihat kondisi, demi menemukan hal-hal kecil namun berkarakter.

3. Pencahayaan yang baik

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X