Kompas.com - 05/04/2018, 19:11 WIB
Aplikasi Facebook di iPhone BGRAplikasi Facebook di iPhone

KOMPAS.com - Selama tiga tahun belakangan, Facebook mengumpulkan riwayat panggilan telepon dan SMS/pesan instan pengguna yang memakai perangkat Android. Hal ini baru terungkap pada akhir Maret 2018, dan langsung menghebohkan jagat maya.

Facebook berdalih penghimpunan data telepon dan SMS itu untuk meningkatkan algoritma rekomendasi teman. Setelah mendapat sorotan dari berbagai penjuru, Facebook akhirnya mengurangi jumlah data yang dihimpun.

“Kami telah mengaji fitur ini dan mengonfirmasi bahwa Facebook tak mengoleksi konten SMS pengguna. Kami juga akan menghapus log panggilan telepon yang berusia lebih dari setahun,” kata Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer.

“Nantinya, pengguna hanya perlu memberikan informasi yang dibutuhkan untuk peningkatan fitur ini (algoritma rekomendasi teman),” ia menambahkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (5/4/2018), dari TheVerge.

Baca juga: Begini Cara Cek Telepon dan SMS yang Direkam Facebook

Perlu dicatat, pengumpulan data panggilan telepon cuma dilakukan terhadap pengguna ponsel Android. Pasalnya, sistem operasi iOS memblok akses ke rekam jejak panggilan dan data SMS.

Sistem pengumpulan riwayat telepon oleh Facebook diumbar beberapa pengguna via Twitter, menyusul kehebohan kasus Cambridge Analytica.

Mulanya para pengguna mengikuti kampanye #DeleteFacebook, pasca tahu sekitar 50 juta (belakangan jadi 87 juta) data pribadi pengguna dicuri Cambridge Analytica.

Baca juga: Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia Dicuri Cambridge Analytica

Ketika menyalin semua data mereka, pengguna Android mendapati rekam jejak telepon juga tersemat. Kasus ini menjadi tamparan bertubi-tubi bagi Facebook.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.