Rekam Pesan Suara di WhatsApp Tak Perlu Tahan Tombol Lagi?

Kompas.com - 07/04/2018, 10:10 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - WhatsApp kabarnya sedang kembali menyiapkan sebuah fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini berupa pembaruan di fungsi perekaman pesan suara alias voice note.

Pemakaian fitur tersebut agaknya bakal dipermudah dengan kemampuan hands-free alias lepas tangan. Fungsi ini berjalan dengan mengunci perekaman, atau dijalankan terus sampai dihentikan oleh pengguna. Saat ini, pengguna harus menekan tombol perekaman terus menerus untuk membuat pesan suara.

Caranya, sesaat setelah menekan dan menahan tombol mikrofon, akan muncul sebuah opsi baru bernama “slide up to lock recording”. Selanjutnya tinggal menyapukan jari ke atas, dan WhatsApp pun akan mengunci perekaman sehingga dapat merekam tanpa tombolnya dtahan.

Begitu perekaman suara dikunci, pengguna tetap bisa melakukan scrolling chat dalam jendela obrolan yang terbuka. Pengguna juga masih bisa membatalkan perekaman dan menghapusnya tanpa dikirim.

Screenshot fitur baru WhatsApp beta, perekaman voice note secara hands free dengan lock recording. @WABetaInfo Screenshot fitur baru WhatsApp beta, perekaman voice note secara hands free dengan lock recording.

Selama ini pengguna WhatsApp mesti menekan dan menahan tombol mikrofon dengan jari untuk melakukan perekaman. Proses perekaman suara hanya akan terus berjalan selagi jari masih berada di tombol sehingga tidak bisa lepas tangan.

Baca juga: WhatsApp Bakal Beri Pengumuman Saat Pengguna Ganti Nomor

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (7/4/2018), fitur di atas baru muncul dalam aplikasi WhatsApp Android versi beta 2.18.102, dan kabarnya akan segera tersedia untuk platform iOS.

Kemungkinan tampilan antarmuka perekaman voice note hands-free ini akan berubah lagi, sebelum akhirnya diterapkan di aplikasi WhatsApp versi final.

Selain itu, ada lagi kemampuan baru yang akan hadir di WhatsApp, yakni melihat ukuran file sticker sebelum mengunduhnya ke ponsel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Fonearena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.