Menkominfo Kirim Peringatan Tertulis, Facebook Wajib Lapor

Kompas.com - 07/04/2018, 12:43 WIB
Ilustrasi Facebook Digital TrendsIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan telah mengirim peringatan tertulis kepada Facebook, atas bocornya data pengguna di Indonesia.

"Kominfo secara resmi sudah keluarkan Peringatan Tertulis kepada Facebook pada hari Kamis, 5 April 2018," demikian dikutip KompasTekno dari akun Twitter pribadi Rudiantara, Sabtu (7/4/2018).

Sebelumnya, peringatan kepada Facebook telah disampaikan, namun baru sebatas peringatan lisan.


Peringatan yang disampaikan oleh Menkominfo kepada Facebook antara lain berisi kewajiban-kewajiban hukum Facebook di Indonesia. Facebook pun dikatakan Rudiantara siap untuk "wajib lapor" atas beberapa mitigasi yang sedang dilakukan.

Baca juga: 9 April, Facebook Ungkap Siapa Saja Pengguna Indonesia yang Dicuri Datanya

Beberapa langkah mitigasi yang dilakukan Facebook antara lain mengaudit aplikasi pihak ketiga yang menggunakan data Facebook. Diketahui sejumlah aplikasi memang bisa menggunakan Facebook untuk mendaftar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Data yang diambil oleh aplikasi pihak ketiga itu, seperti aplikasi kuis, disinyalir menjadi sumber kebocoran data pengguna, termasuk 1 jutaan pengguna di Indonesia.

Selain mengaudit aplikasi pihak ketiga, Facebook juga diminta mengupdate jumlah data pribadi yang disalahgunakan, khususnya untuk pengguna Facebook Indonesia yang terdampak, mengingat jumlah akun yang disalahgunakan meningkat dari 50 juta menjadi 87 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.