Di-bully Karena Sarankan "Puasa Medsos", Menkominfo Beri Penjelasan

Kompas.com - 07/04/2018, 12:59 WIB
Menteri Kominfo Rudiantara saat berbicara dalam acara Indonesia LTE Conference 2018 di Jakarta, Rabu (14/3/2018). Oik Yusuf/KOMPAS.comMenteri Kominfo Rudiantara saat berbicara dalam acara Indonesia LTE Conference 2018 di Jakarta, Rabu (14/3/2018).

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo) Rudiantara sempat menyarankan agar netizen di Indonesia melakukan " puasa medsos".

Saran itu diberikan Rudiantara setelah terungkap data 1 jutaan pengguna Facebook di Indonesia disalahgunakan oleh aplikasi pihak ketiga. Atas saran itu, Rudiantara kemudian di-bully netizen di internet.

"Saya di-bully ketika mengimbau agar “puasa medsos”", tulis Rudiantara di akun Twitter pribadinya, Sabtu (7/4/2018).

"Padahal selain hanya bisa mengandalkan pendekatan regulasi, pemerintah justru juga harus menjalankan fungsi edukasi dan literasi masyarakat, seperti mengimbau & mengingatkan," lanjutnya.

Baca juga: 9 April, Facebook Ungkap Siapa Saja Pengguna Indonesia yang Dicuri Datanya


Rudiantara pun menjelaskan, seperti apa "puasa medsos" yang dimaksud. Menurutnya, jika media sosial itu tidak ada nilai tambahnya, tidak usah digunakan lebih dulu, alias puasa.

Baca juga: Menkominfo Kirim Peringatan Tertulis, Facebook Wajib Lapor

"Kecuali kalau memang sangat butuh dan sudah sadar akan potensi bahayanya, silakan saja," ujar Rudiantara.

Menteri yang kerap disapa Chief RA itu pun menambahkan bahwa titik paling krusial dalam pengamanan data pribadi adalah justru dimulai dari diri sendiri.

"Masing-masing kita harus berhati-hati dalam memberikan data pribadi saat install aplikasi-aplikasi, baik media sosial maupun messenger," tulis RA.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X