Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Messenger Temui Pesan dari Zuckerberg Menghilang Tiba-tiba

Kompas.com - 07/04/2018, 14:40 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Facebook diam-diam menghapus pesan pribadi pendirinya, Mark Zuckerberg, yang dikirim ke kotak masuk (Inbox) para pengguna Facebook.

Tak hanya pesan dari Zuckerberg, pesan dari top eksekutif Facebook pun juga menghilang tiba-tiba. Tiga sumber yang mengaku pernah berkomunikasi di Messenger dengan Zuckerberg, menemukan jika pesan tersebut hilang tiba-tiba.

Mereka pun mengatakan, tidak ada pemberitahuan jika pesan tersebut hilang, dan hanya menyisakan pesan dari si penerima saja di jendela percakapan.

Situs TechCrunch salah satunya, mengaku sempat menerima pesan dari Zuckerberg pada 2010 silam.

Baca juga: Mark Zuckerberg Diberi Penghargaan Pemberi Informasi Palsu

Mereka kemudian mengecek e-mail dan menemukan bukti jika sang bos Facebook memang pernah mengirim pesan ke kotak masuk mereka, namun hilang tanpa pemberitahuan.

Selama ini, 1,3 miliar pengguna Facebook hanya bisa menghapus pesan di kotak masuknya sendiri, namun isi pesannya masih tetap tersimpan di kotak masuk si penerima. Pihak Facebook berdalih, hal tersebut dilakukan karena Facebook takut jika data sensitif akan bocor.

Facebook mengklaim jika terjadi perubahan kebijakan pada tahun 2014, setelah terjadi serangan siber ke studio Sony Pictures di Hollywood, 24 Novermber 2014 lalu.

Serangan siber tersebut berhasil membeberkan film-film produksi studio raksasa Hollywood tersebut yang belum dirilis, serta informasi rahasia tentang petinggi dan karyawan Sony Pictures, termasuk gaji yang mereka peroleh.

Baca juga: Facebook Dianggap Memecah Kerukunan, Mark Zuckerberg Minta Maaf

Pesan yang telah dihapus Facebook pun tidak terpublikasi, sehingga menimbulkan kecurigaan tentang apa yang sebenarnya disembunyikan Facebook.

Meskipun Zuckerberg adalah pendiri sekaligus bos besar Facebook, namun aksi tersebut tentu kurang etis dilakukan, dan melanggar standar komunitasnya sendiri. Mengingat, hal tersebut tidak tercantum di dalam persyaratan layanan yang ada di Facebook.

Setelah gencarnya berita ini, dirangkum KompasTekno dari FastCompany, Sabtu, (7/4/2018), Facebook segera memberikan tanggapan untuk tidak lagi menghapus pesan yang dikirim oleh para eksekutif Facebook, dan berjanji akan merilis fitur hapus pesan terkirim ke penggunanya secara umum.

"Kami akan mebuat fitur hapus pesan ini tersedia lebih luas. Mungin akan memakan waktu, dan sambil menunggu fitur ini siap, kami tidak akan lagi menghapus pesan para eksekutif," jelas Facebook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com