Upaya 4 Vendor Ponsel China Kuasai Pasar Dunia

Kompas.com - 07/04/2018, 17:36 WIB
Ilulstrasi Xiaomi, salah satu vendor smartphone China GREG BAKER / AFPIlulstrasi Xiaomi, salah satu vendor smartphone China

KOMPAS.com - Beberapa vendor smartphone Negeri Tirai Bambu diketahui sedang merencanakan strategi untuk mendorong volume pengapalan produknya lebih luas ke luar China.

Xiaomi misalnya, menaruh perhatian khusus bagi pasar India, meskipun pasar negara berkembang lainnya juga menjadi target utama mereka. Mereka menargetkan peningkatan volume pengapalan produknya di angka 125 juta hingga 150 juta.

Sementara ini, Xiaomi disibukkan dengan pengembangan jajaran produk premiumnya, demi meningkatkan citra Xiaomi secara keseluruhan.

Oppo dan Vivo yang bernaung di BBK Electronics, sempat mengalami penurunan pengapalan tahun lalu, bersama dengan vendor lainnya yang juga dilaporkan mengalami penurunan.

Baca juga: Pertama Kali, Penjualan Smartphone Tercatat Menurun

Pada sisa tahun 2018, kedua pabrikan tersebut akan menerapkan strategi produk yang "ramah kantong" dengan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) di smartphone mereka, seperti beberapa lini baru yang saat ini mulai dipasarkan.

Sedangkan Huawei, percaya diri dengan target mengungguli vendor smartphone asal Amerika Serikat (AS), Apple dengan menargetkan pengapalan 200 juta smartphone selama tahun 2018.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (7/4/2018), lini anyar Huawei P20 yang fokus pada teknologi AI dan fotografi, diharapkan menjadi produk andalan untuk menarik konsumen baru.

Target Huawei sepertinya sedikit terganjal di awal tahun 2018. Kehadirannya di kandang Apple, Amerika Serikat, justru dipinggirkan oleh pemerintah setempat awal tahun ini.

Bahkan ketika flagship Huawei Mate 10 Pro meluncur di AS, mitra operator AT&T undur diri dari kerja sama dengan Huawei di menit-menit akhir. Pengunduran diri AT&T tersebut ditengarai akibat tekanan politis.

Baca juga: FBI dan CIA Imbau Warga AS Tidak Pakai Huawei dan ZTE

Tetapi, tanpa konsumen Amerika pun, Huawei tetap mantap dengan target pengapalannya. Jika strategi tiga vendor China tersebut berlajan lancar, tak ayal jika mereka mampu melebarkan sayap lebih luas, keluar dari "tembok besar" China.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.