Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Siapkan 2 Ponsel Snapdragon 670, "Sirius" dan "Comet"

Kompas.com - 09/04/2018, 09:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Qualcomm belum meresmikan chipset kelas menengah, Snapdragon 670. Kendati begitu, sudah muncul kabar bahwa dua ponsel Xiaomi bakal mengandalkan "otak" tersebut.

Masing-masing ponsel Snapdragon 670 Xiaomi memiliki nama kode “Comet” dan “Sirius”. Setidaknya begitu menurut ketua komunitas pengembang aplikasi XDA Developers, Mishaal Rahman, dalam kicauan di akun Twitter personalnya @MishaalRahman.

“Xiaomi memiliki (setidaknya) dua perangkat dengan Snapdragon 670, yakni “comet” dan “sirius”.

Mengonfirmasi juga laporan @rquandt bahwa cluster kecil sdm670 memiliki 6 inti dan cluster besarnya memiliki 2 inti,” kata Mishaal Rahman.


Belum ada bocoran lebih banyak soal spesifikasi Comet dan Sirius, begitupun nama komersilnya nanti. Namun menurut asumsi khalayak, keduanya bisa jadi adalah Mi Note 4 dan Mi Max 3, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (9/4/2018), dari Gizmochina.

Baca juga: Xiaomi Comet dan Sirius Pakai Chip Snapdragon 710?

Sebab, pendahulu kedua perangkat itu secara berurutan memakai prosesor Snapdragon 660 dan 625. Tak menutup kemungkinan Snapdragon 670 menjadi andalan selanjutnya.

Selain dari nama kode, ada informasi lain yang tertera pada kicauan Mishall, yakni soal arsitektur Snapdragon 670. Alih-alih memiliki 4+4 inti dengan cluster besar dan kecil, Snapdragon 670 memilih 2+6 inti (total 8 inti) dengan cluster kecil memiliki lebih banyak inti ketimbang cluster besarnya.

Bocoran ini belum bisa dipercaya 100 persen, karena belum ada konfirmasi dari pihak Xiaomi maupun Snapdragon. Kita tunggu saja kapan Snapdragon 670 dirilis, menyusul smartphone Xiaomi yang mengusungnya.

Baca juga: Xiaomi Black Shark Resmi Meluncur, Berapa Harganya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com