Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siang Ini, Dukcapil Jelaskan Isu Kebocoran Data Registrasi Prabayar

Kompas.com - 09/04/2018, 12:16 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Panitia Kerja (Panja) Pengamanan Data Pribadi Komisi I DPR RI resmi dibentuk pada akhir Maret 2018. Kini saatnya Panja menjalankan tugas untuk memastikan tak ada data pelanggan seluler yang bocor dalam proses registrasi kartu SIM prabayar.

Hari ini, Senin (9/4/2018), Panja menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) pukul 12.00 siang WIB. "Nanti jam 13," kata Komisioner BRTI, I Ketut Prihadi Kresna dalam pesan singkat kepada KompasTekno.

Selain Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), kali ini RDP juga dihadiri perwakilan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebelumnya, RDP terkait registrasi kartu SIM prabayar telah dilaksanakan pada 19 Maret 2018. Kala itu rapat dihadiri Menkominfo, Rudiantara; Komisioner BRTI, I Ketut Prihadi Kresna; beserta jejeran petinggi operator selular. 

Baca juga: 1 Mei Belum Registrasi Kartu SIM Prabayar, Blokir Total!

Rudiantara membantah adanya kebocoran dalam proses registrasi kartu SIM prabayar. Pasalnya, data pelanggan tak pernah dipegang Kominfo atau operator seluler, melainkan langsung dicocokkan dengan database Dukcapil Kemendagri sebagai lembaga yang berwenang.

Hanya saja, penyalahgunaan data pribadi tak terelakkan, lantaran masyarakat kerap tak hati-hati menyimpan informasi personal. Alhasil, data pribadi berupa scan KTP atau KK banyak tersebar di internet dan dimanfaatkan oknum tak bertanggung jawab.

Salah satu hasil RDP Maret lalu adalah pembentukan Panja Pengamanan Data Pribadi yang beranggotakan setengah dari anggota Komisi I DPR RI. Pada RDP itu juga diusulkan untuk memanggil perwakilan Ditjen Dukcapil untuk RDP berikutnya.

Adapun desakan dari Komisi I DPR RI untuk Kominfo antara lain melakukan pengawasan secara menyeluruh terkait proses registrasi kartu SIM prabayar, serta menata sistem pertanggungjawaban pengamanan data pelanggan yang dikelola operator telekomunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com